PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v9i2.12651Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar fisika, meningkatkan hasil belajar fisika siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap model quantum learning berbantuan media video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 25 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes untuk menilai hasil belajar fisika, angket untuk menilai motivasi belajar dan angket untuk menilai tanggapan siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap variabel yang diamati pada setiap siklusnya. Motivasi belajar siswa tergolong kategori tinggi dengan skor rata-rata kelas 85,52 dari skor maksimal 125, standar deviasi sebesar 11,21 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 90,55 dari skor maksimal 125, standar deviasi sebesar 13,29 dengan kategori tinggi. Hasil belajar fisika siswa tergolong baik ditunjukkan oleh rata-rata kelas 78,20 dengan standar deviasi 8,27 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52,00% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 83,40 dengan standar deviasi 5,34 berkategori baik persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,00%. Sebesar 76% siswa menyatakan tanggapan sangat positif dan 24% siswa menyatakan tanggapan positif terhadap proses pembelajaran. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model quantum learning berbantuan media video dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License