STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FISIKA: DAMPAKNYA DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS XI MIA 1 DAN XI MIA 2 DI SMA NEGERI 1 KINTAMANI

Authors

  • Sawitri D U Jurusan Pendidikan Fisika-FMIPA-Undiksha
  • Ketut Suma .
  • I Gede Aris Gunadi

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v12i2.13830

Keywords:

strategi pembelajaran, sikap sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran guru fisika, (2) mendeskripsikan sikap sosial siswa, dan (3) mendeskripsikan strategi pembelajaran guru fisika dalam pengembangan sikap sosial siswa. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data dari satu orang guru fisika serta sembilan orang siswa kelas XI MIA 1 dan sembilan orang siswa kelas XI MIA 2. Sumber data dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, kuisioner, dan dokumentasi guru. Penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Kintamani, dan dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran guru fisika di SMA Negeri 1 Kintamani yang terdiri dari komponen perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 dan sudah mengadopsi pendekatan saintifik, (2) Sikap sosial siswa meliputi sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri sudah berkategori baik, namun pada sikap disiplin siswa kelas XI MIA 2 masih kurang, dan (3) Strategi pembelajaran yang diterapkan guru mampu mengembangkan sikap sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran guru fisika pada kedua kelas tersebut adalah strategi pembelajaran strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran eksperimen. Guru mengunakan metode menerangkan pembelajaran secara lisan, diskusi kelompok, eksperimen atau percobaan, tanya jawab, pemberian tugas, pembentukan kelompok dalam mengamati permasalahan yang ada, dan mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari, (2) Sikap sosial siswa pada kedua kelas secara umum sudah termasuk kategori baik, karena aspek yang terdapat dalam sikap sosial sudah terpenuhi. Namun, siswa kelas XI MIA 2 memiliki sikap disiplin yang  kurang, dikarenakan masih ada beberapa siswa yang melanggar, seperti sikap siswa yang pernah melanggar tata tertib sekolah mulai dari terlambat datang ke sekolah, kerapian rambut, bahkan dalam hal mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru pun siswa pernah mengumpulkan tugas tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan, dan (3) strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru mampu mengembangkan sikap sosial siswa.

Downloads

Published

2018-11-08