PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORAY BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.14252Keywords:
CRH, Video Pembelajaran, pemahaman konsep matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Course Riview Horay berbantuan Video Pembelajaran lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan tahun ajaran 2017/2018 semester genap yang terdistribusi ke dalam 9 kelas. Rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 9,3704 dan rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa pada kelas kontrol adalah 7,4615. Data dianalisis menggunakan Uji-t satu ekor pada taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,0965 lebih dari ttabel = 2,0057, sehingga H0 ditolak. Dapat diambil simpulan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Course Riview Horay berbantuan media animasi Powtoon lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Perbandingan ini terjadi karena Model Pembelajaran CRH berbantuan video pembelajaran memberikan siswa untuk berbagi informasi sehingga mampu membenahi konsep awal yang dimiliki serta dapat memberikan gambaran secara realistik pada video pembelajaran.
References
Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thngking. Skripsi. Prodi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Bandung.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Candiasa, I. M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
---------. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Hudojo, H. 2003. Common Textbook: Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IMSTEP
Kemdikbud. 2017. Hasil Ujian Nasional 2016. Tersedia pada https://kemdikbud.go.id/main/files/download/9c7fdf36a39328d+&cd=2&hl=en&ct=clnk&gl=id (diakses tanggal 13 Desember 2017)
Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematic. Virginia: NCTM
Parwati. 2016. Studi Kuantitatif dan Kualitatif tentang Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Animasi Powtoon terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja. Skripsi(tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha.
Pradnyaniti, Nyoman. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Course Riview Horay (CRH) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2016/2017.
Ratumanah, I G. 2002.Belajar dan Pembelajaran. Surabaya:UNESA
Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2005. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
--------------, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License