Pengembangan Buku Ajar Biologi Berbasis Argumen Toulmin untuk Siswa Kelas X SMA

Authors

  • I Gede Putu Suardika

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v13i2.16086

Keywords:

Buku Ajar Biologi, Argumen Toulmin, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar biologi berbasis argumen Toulmin untuk siswa kelas X SMA yang valid dan terbaca. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian dan pengembangan (R&D), Secara ringkas penelitian ini dilakukan dalam 5 (lima) tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk awal, pengembangan produk awal, uji validasi, dan uji keterbacaan. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri se-kabupaten Karangasem pada kelas X MIPA yang telah melaksanakan kurikulum 2013. Data dikumpulkan dengan angket dan lembar validasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) validasi buku ajar yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,58 berdasarkan penilaian ahli. (2) Hasil penilaian praktisi dari buku ajar yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,78 berdasarkan penilaian praktisi guru biologi. (3) uji keterbacaan dari buku ajar yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat terbaca dengan skor rata-rata 3,83. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan suatu buku ajar

References

Aprina, Indriati dan Sari. 2017. Hubungan Faktor Eksternal terhadap Hasil Belajar Biologi siswa kelas XI IPA. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Biologi. STKIP PGRI Sumatera barat

Adisendjaja. 2017. Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X Di Kota Bandung BerdasarkannLiterasi Sains. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan Biologi . FMIPA.UPI

Qin, J. 2013. Applying the Toulmin Model in Teaching L2 Argumentative Writing. The Journal of Language Teaching and Learning. 2.21-29

Redhana, I W. 2003. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran kooperatif dengan strategi pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. 3(33):11-23

Simon. 2008. Using Toulmin’s Argumet Pattern in the Evaluation of Argumentation in School Science. International Journal of Research & Method in Education. 31(3).277-289

Tomlinson, B. 2012. Materials Development for Language Learning and Teaching. Journal Language Teaching. 45(2).143-179

Downloads

Published

2019-10-29