KEPRAKTISAN BAHAN AJAR GEOMETRI RUANG BERDASARKAN MODEL VAN HIELE DAN PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.16849Keywords:
bahan ajar geometri ruang, model Van Hiele, pendidikan karakterAbstract
Pemahaman konsep geometri ruang mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha sangat dipengaruhi oleh desain pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan. Berdasarkan data tes awal diperoleh rata-rata pemahaman konsep sebesar 51,50% termasuk katagori kurang. Pengembangan bahan ajar geometri ruang berdasarkan model Van Hiele dan pendidikan karakter di perguruan tinggi dalam penelitian ini telah memenuhi aspek praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor lembar keterlaksanaan bahan ajar sebesar 3,54, rata-rata skor angket respons positif mahasiswa sebesar 93,55%, dan rata-rata skor angket respons dosen sebesar 3,80. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: 1) investigasi awal; 2) desain; 3) realisasi/konstruksi; 4) tes, evaluasi, dan revisi; dan 5) implementasi. Namun karena keterbatasan waktu, penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi terbatas yaitu melakukan evaluasi dan revisi hingga diperoleh prototipe final bahan ajar melalui tahap uji coba terbatas.References
Al-ebous, T. 2016. Effect of The Van Hiele Model Ni Geometric Concepts Acquisition: The Attitudes towards Geometry Ana Learning Transfer Effect of The First Three Grades Students Ni Jordan. International Education Studies. 9(4) : 87-98.
Basuki, N. R. 2012. Analisis Kesulitas Belajar Geometri dan Alternatif Pemecahannya. Makalah disajikan dalam Seninar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surakarta Tanggal 9 Mei 2012.
Hasanah. 2013. Implementasi Nilai-Nilai Karakter Inti di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter. 3(1) : 186-195.
Muhassanah, N. 2014. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronika Pembelajaran Matematika. 2(1) : 54-66.
Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed), London: Kluwer Academic Plubishers.
Parwati, N. N. 2011. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Pengembangan Pendidikan Karakter (Kajian Teoritis dalam Pembelajaran Matematika). Prosiding Seminar Nasional MIPA. 1(1). 278-283.
Plomp, T. 1997. Educational And Training System Design. Enschede: University of Twente, Faculty of Educational Science and Technology.
Ramlam, A.M. 2016. The Effect of Van Hiele Learning Model toward Geometric Reasoning Ability Based on Self-Efficacy of Senior High School Students. Journal of Mathematics Education. 1(2) : 62-71.
Safrina, K. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika. 1(1) : 9-20.
Subarinah, S. 2011. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SD yang bernuansa PAKEM menggunakan Kompermatik (Kotak Permainan Matematika Realistik. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Yogyakata Tanggal 12 April 2011.
Sudrajat, A. 2010. Why Chaacte Education?. Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1) : 47-58.
Usiskin, Z. 1982. Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. (Final report of the Cognitive Development and Achievement in Secondary School GeometryProject.) Chicago: University of Chicago.
Winataputra, U.S. 2015. Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Generasi Emas. Disajikan dalam Seminar LPPP Undiksha Tanggal 25 Novermber 2015.
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License