PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.17142Keywords:
keterampilan berpikir kritis, Problem Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) pada matapelajaran Matematika siswa kelas 4 SD. Jenis penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), terdiri dari dua siklus. Subjek penelitiannya siswa kelas 4 SD Negeri Mangunsari 02 Salatiga yang berjumlah 21 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengukur tingkatkan adalah lembar kuesioner. Lembar kuesioner diberikan kepada siswa setelah melakukan kegiatan evaluasi pada setiap akhir siklus I dan akhir siklus II. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada matapelajaran Matematikadapatmeningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas 4 SD N Mangunsari 02 Salatiga. Peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ini ditunjukkan dengan perolehan rerata skor keterampilan berpikir pada Siklus I sebesar 66,95 meningkat menjadi 73,85 pada Siklus II. Berarti terjadi peningkatan sebesar 10,31%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License