Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Payangan
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i1.17622Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, FSLC, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Payangan pada siswa kelas X tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu memilih dua kelas secara acak dari 6 kelas yang ada. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 30 siswa, yaitu pada kelas X MIPA 3 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC. Sampel pada kelas kontrol berjumlah 33 siswa, yaitu kelas X MIPA 4 dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Rata-rata skor tes kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 31,50 dan 28,24. Berdasarkan analisis dengan uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 3,45 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 1,67022 dengan dan untuk uji satu ekor. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis kelompok siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC lebih tinggi daripada rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis kelompok siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.References
Anggraeni, D. (2013)." Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMK melalui Pendekatan Kontekstual dan Strategi Formulate Share Listen Create (FSLC)". Infinity Journal, 2(1), 1. Tersedia di :
https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.20 (diakses tanggal : 13 Agustus 2018)
Defitasari, A. (2018). "Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) pada Pemahaman Konsep Siswa, 7(1), 5". Tersedia di :
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/3275/2333 (diakses tanggal : 29 Oktober 2018)
Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
NCTM. (2000). "Principles and Standards for School Mathematics". Teredia di : https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf (diakses tanggal : 28 November 2018)
Permata, C. P. (2015). "Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific, 7". Tersedia di :
file:///C:/Users/user/Downloads/7452-Article%20Text-15175-1-10-20150916.pdf (diakses tanggal : 10 Desember 2018)
Prayitno, S. (2013). "Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang ditinjau dari Perbedaan Gender".Tersedia di :
https://eprints.uny.ac.id/10796/1/P%20-%2073.pdf (diakses tanggal : 10 Desember 2018)
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ulrich, D. ., & Glendon, K. J. (2005). Interactive Group Learning. New York: Springer Publishing Company.
Wardhani, S., & Rumiati. (2011). "Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS". Tersedia di :
http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SMP/4.INSTRUMEN%20PENILAIAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20.....pdf (diakses tanggal : 28 November 2018)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License