Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya dengan Pendekatan Saintifik

Authors

  • Septariani Sunia Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v13i2.17724

Keywords:

Perangkat pembelajaran, Pendekatan saintifik, Inkuiri terbimbing

Abstract

Tujuan penelitian adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPA pada pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya dengan pendekatan saintifik yang berkualitas ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Desain penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi. Tahapan penelitian yang digunakan dimulai dari tahap perencanaan hingga tahap penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Validitas perangkat pembelajaran menggunakan lembar validitas untuk ahli dan praktisi. Kepraktisan perangkat pembelajaran menggunakan uji keterbacaan oleh siswa serta lembar observasi oleh praktisi. Keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan nilai afektif, psikomotor, dan kognitif siswa. Perangkat yang dihasilkan telah valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Pendekatan saintifik, Inkuiri terbimbing

References

Akbar, Sa’dun. 2012. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Aprilia, L. & Mulyaningsih, S. 2014. Penerapan perangkat pembelajaran materi kalor melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran guided discovery kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 3(3). 1-5. Tersedia pada: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Diakses pada 22 Oktober 2017.

Astuti, Y. & Setiawan, B. 2013. Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(1). 88-92. Tersedia pada: http://journal.unnes.ac.id. Diakses pada 9 Januari 2019.

Benzer, E. 2015. exploring the opinions of pre-service science teachers in their experimental designs prepared based on various approaches. European Journal of Science and Mathematics Education. 3(4). 376-389. Tersedia pada: http://scimath.net. Diakses 28 November 2017.

Berry, M. H., & Berry, G. 2014. “Reading an object”: Developing effective scientific inquiry using student questions. European Journal of Science and Mathematics Education. 2(2). 87-97. Tersedia pada: http://scimath.net. Diakses 28 November 2017.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1989). Educational Research. Fifth Edition. New York: Longman.

Fadilla, R., Widiati, U., & Suharmanto. 2016. Senior high school English teachers’ knowledge and implementation of scientific approach in Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(10). 1904-1916. Tersedia pada: http://journal.um.ac.id. Diakses 28 November 2017.

Hala, Y., Saenab, S., & Kasim, S. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada konsep ekosistem bagi siswa sekolah menengah pertama. Journal of EST. 1(3). 85-96. Tersedia pada http://ojs.unm.ac.id. Diakses pada 12 Desember 2018.

Indrayanti, R. D., & Wijaya, A. 2016. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendidikan matematika realistik untuk topik matriks di SMK kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika. 1-13. Tersedia pada journal.student.uny.ac.id. Diakses pada 6 Januari 2019.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 103 tentang pedoman pelaksanaan pembelajaran. Tersedia pada: http://pgsd.uad.ac.id. Diakses pada 12 Desember 2018.

Lambertus. 2010. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SD melalui pendekatan matematika realistik. Tesis (tidak diterbitkan). Bandung: Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurafifah, A., Budi, A. S., & Siahaan, B. Z. 2018. Developing wave encyclopaedia based on scientific approach. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE). Tersedia pada: iopscience.iop.org. Diakses pada 12 Desember 2018.

Permendikbud. 2013. Permendikbud 81a tentang implementasi kurikulum. Tersedia pada: http://luk.staff.ugm.ac.id. Diakses pada 28 November 2017.

Rosidi, I. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe integrated untuk mengetahui ketuntasan belajar ipa siswa smp pada topik pengelolaan lingkungan. Jurnal Pena Sains. 2(1). 14-25. Tersedia pada: http://journal.trunojoyo.ac.id. Diakses 12 Desember 2018.

Sadra, I W. 20017. Pengembangan model pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dalam pelatihan guru kelas satu Sekolah Dasar. Disertasi (tidak dipublikasikan).

Sudria, I.B. N., Kartowasono, N., Nurlita, F., & Sya'ban, S. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan pendekatan berpikir deduktif. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan.

Sudria, I. B. N., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Widiyanti, N. L. P. M. 2018. Prototipe model pembelajaran IPA SMP dengan pendekatan saintifik. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafura, D. T., & Bunawan, S. W. 2017. The effect of scientific inquiry model assisted visual media on students’ conceptual and procedural knowledge. American Journal of Educational Research. 5(6). 623-628. Tersedia pada: http://pubs.sciepub.com. Diakses 28 November 2017.

Usmeldi. 2016. The development of research-based physics learning model with scientific approach to develop students’ scientific processing skill. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII). 5(1). 134-139. Tersedia pada: http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii. Diakses pada 22 Oktober 2017.

Wijayanti, A. 2014. Pengembangan authentic assessment berbasi proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(2). 102-108. Tersedia pada: http://journal.unnes_ac.id. Diakses pada 9 Januari 2019.

Downloads

Published

2019-10-29