Efektivitas Media Berbantuan Komputer dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.17998Keywords:
media pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalahAbstract
Pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah (PBM), terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam menerapkan PBM ditingkat sekolah menengah pertama (SMP). Diperlukan inovasi ataupun pembaharuan dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah, kreatifitas guru dalam membungkus masalah – masalah matematika menjadi menarik untuk dipecahkan sehingga siswa menjadi senang dan aktif dalam belajar matematika, melalui penerapan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp, yang meliputi lima tahap yaitu: 1) investigasi awal; 2) desain; 3) realisasi/konstruksi; 4) tes, evaluasi, dan revisi; dan 5) implementasi. Namun karena keterbatasan waktu, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap tes, evaluasi dan revisi hingga diperoleh prototipe final. Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer dalam pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini telah memenuhi aspek efektivitas. Hal ini ditunjukkan oleh ketuntasan belajar siswa telah mencapai ≥ 85% dalam setiap tahap ujicoba, yaitu ujicoba terbatas ketuntasan belajar sebesar 90%, ujicoba lapangan I ketuntasan belajar sebesar 86%, dan ujicoba lapangan II ketuntasan belajar sebesar 89%.
References
Herman, T. 2007. “Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Educationist UPI, Vol. I, No. 1 Januari 2007 (halaman 47-56).
Ibrahim, Muslimin dan Mohamad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan masalah. Surabaya: University Press.
National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM.
Plomp, T. 1997.Educational And Training System Design. Enschede: University of Twente, Fakulty of Educational Science and Technology.
Pribadi. 2011. Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat
Sanjaya, W. 2007. Kajian Kurikulum dan pembelajaran. SPs UPI : Bandung
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia dan IMSTEP JICA.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Utami, R.W. 2107. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (2), 2017, halaman 166-175.
Yazgan, Y, 2015. Sixth Graders And Non-Routine Problems: Which Strategies Are Decisive For Success. Academicjournals, Vol. 10 (13), pp. 1807-1816, 10 Juli 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License