Pengaruh Model Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets (Science Environment Technology And Society) Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa Smp
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.18323Keywords:
IPAAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran IPA terpadu bervisi SETS terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 3 Gianyar Tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 368 siswa. Sebanyak 77 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan berupa tes pilihan ganda dan sikap ilmiah menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis MANOVA berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII. Kedua, terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII. Ketiga, secara simultan terdapat perbedaan hasil belajar dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII p < 0,05. Hasil penelitian ini disarankan sebagai pedoman dalam memilih model pembelajaran meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa sehingga hal tersebut dapat bermanfaat bagi guru ataupun siswa.
Kata kunci : hasil belajar IPA, sikap ilmiah, model pembelajaran ipa terpadu bervisi sets,
References
Aliyah Matholpulhuda Pati. Tesis, tidak diterbitkan. UNNES Semarang. Program Penelitian API (Asian Public Intellectualy) Fellowship http//www.apifellowship. org/
Arnyana, I. B. P. 2006. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja , 39 (3): 496-515
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian dan Pendekatan Praktek .Jakarta: Rineka Cipta.
_________ 2002. Metode Penelitian Kualitatif .Jakarta: Bumi Aksara.
Binadja, A. 1999a. Hakekat dan Tujuan Pendidikan SETS dalam Konteks Kehidupan dan Pendidikan Yang Ada. Makalah Seminar Lokakarya Pendidikan SETS. SEAMEO RECSAM dan UNNES Semarang.
______ 1999b. Pendidikan SETS (Science, Environment, Technology, and
Society) dan Otonomi Pendidikan. Makalah Seminar Sehari Peran Guru Dalam Menghadapi Otonomi Pendidikan. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License