KEPRAKTISAN DAN EFEKTIVITAS BAHAN AJAR PENGANTAR DASAR MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DAN PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.22526Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pengantar dasar matematika berdasarkan model conceptual understanding procedures yang praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Pada tahun pertama, penelitian ini hanya sampai pada tahap tes, evaluasi, dan revisi yaitu melakukan validasi bahan ajar. Kepraktisan bahan ajar dapat dilihat dari rata-rata skor pengamatan keterlaksanaan bahan ajar, angket respons mahasiswa, dan angket respons dosen terhadap bahan ajar. Sedangkan efektivitas bahan ajar dapat dilihat dari rata-rata skor hasil tes pemahaman konsep mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar. Hasil ujicoba terbatas, menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan telah memiliki aspek sangat praktis digunakan sehingga efektif meningkatkan pemahaman konsep matematrika mahasiswa pada mata kuliah pengantar dasar matematika.Downloads
Published
2020-12-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License