Lesson Study dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Perkuliahan Biologi Dasar II Prodi S1 Pendidikan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.23196Keywords:
Lesson study, ActivityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses perkuliahan biologi dasar II pada prodi S1 pendidikan IPA yang berdasarkan observasi belum berjalan seperti yang diinginkan dan menyisakan beberapa permasalahan. Pembelajaran berbasis lesson study diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Dalam pelaksanaan penelitian ini terdapat tiga siklus lesson study, dimana setiap siklus mempunyai tiga tahapan yaitu, perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi dan evaluasi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua program studi S1 Pendidikan IPA, Fakultas MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil observasi pada pelaksanaan lesson study menunjukkan keaktifan mahasiswa pada setiap siklus mengalami peningkatan dengan penyesuaian metode pembelajaran yang merupakan hasil refleksi dan evaluasi siklus sebelumnya, hasil penelitian dianalisis secara deskriptif
References
Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm
Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online: http://www.sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm
Dirjend Dikti. 2009. Panduan Penyusunan Program Perluasan Dan Penguatan Lesson Study Di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia – LEDIPSTI) Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti Depdiknas
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Rokmaniah, dkk. 2016. “Lesson study pengembangan bahan pembelajaran berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kopetensi profesionalisme guru SD dikabupaten Kebumen” Jurnal Premiere Educandum, Volume 6 Nomor 2, Desember 2016, 162 - 173
Rosliana Eso dkk. 2012. Laporan pelaksanaan Lesson Study , upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa program study pendidikan fisika FKIP UHO melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata kuliah Mekanika, seminar hasil penelitian pelaksanaan lesson study pada jurusan PMIPA FKIP UHO .
Saiful, A. 2018 “Penerapan Lesson Study Melalui Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Di Fkip Unpas” Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) (2018)
Sriyanto, joko. 2007 “Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study” JPTK Vol.16 nomor 1 Mei 2007
Zulfarina, Fauziah, dan Nursal. ( 2012 ) , Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan Lesson study pada Program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Riau, Proseding Seminar Nasional Penddikan Sains Program Pascasarjana universitas Sebelas Maret, Surakarta, 3 November 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License