ANALISIS POLA ARGUMEN TOULMIN PADA BUKU PELAJARAN KIMIA SMA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.24140Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan pola argumen Toulmin pada buku pelajaran kimia SMA kelas XI semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis dokumen. Subjek penelitian ini adalah buku pelajaran kimia SMA kelas XI semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016. Buku ini ditulis oleh Nurhalimah Umiyati. Objek penelitian ini adalah pola argumen Toulmin. Analisis argumen di setiap wacana dalam buku berdasarkan argumen Toulmin yang komponennya terdiri atas Claim (C), Ground (G), Warrant (W), Backing (B), Qualifier (Q), dan Rebuttal (R). Setelah ditemukan pola pada setiap wacana kemudian diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ini mengandung 87,21% argumen, dan 12,79% bukan argumen. Argumen yang diperoleh dari buku tersebut terdapat 73,26% argumen yang baik menurut argumentasi Toulmin. Pola argumentasi Toulmin yang diperoleh dalam buku tersebut, yaitu: GC (11,63%), GQC (2,33%), GWC (30,23%), GWBC (22,09%), GWQC (5,81%), GWRC (1,16%), GWBQC (12,79%), dan GWBQRC (1,16%). Kualitas buku pelajaran kimia SMA kelas XI semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016 memiliki kategori baik.
Kata-kata kunci: argumen Toulmin, buku pelajaran kimia SMA kelas XI
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License