PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.24141Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh Model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest - posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bebandem Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 136 siswa. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik group random sampling, 4 (empat) kelas ditentukan sebagai sampel dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data gaya kognitif dikumpulkan dengan angket, dan data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes. Analisis data menggunakan uji statistik Anava dengan taraf signifikansi 5 % dan dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model problem based learning dan siswa yang belajar dengan model direct instruction (p<0,05), (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (p<0,05), (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (p<0,05), (4) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model problem based learning dan siswa yang mengikuti model direct instruction pada siswa dengan gaya kognitif field independent (p<0,05); Uji LSD (p<0,05); (5) tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model problem based learning dan siswa yang mengikuti model pada siswa dengan gaya kognitif field dependent (p>0,05); Uji LSD (p>0,05).
kata kunci: model problem based learning, keterampilan berpikir kritis dan gaya kognitif.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arnyana, I. B. P.(2007). Penerapan Model PBL Pada Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. 40 (2), 231-251. April 2007.
Arvianto, I. R., Mardiana, & Usodo, B. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berbasis Assesment For Learning (Afl) Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnar Elektronik Pembelajaran Matematika. 1 (7), 672-681.
BBC Indonesia. (2015). Asia Peringkat Tertinggi Sekolah Global, Indonesia Menurun.Tersediapada:http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/05/ 150513majalah_asia_sekolah_terbaik.
Barrows, H. S. (1996). Problem-Based Learning in Medicine and Beyond. New Direction for Teaching and Learning. Jossey-Bass Publishers.
Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skill in Problem-based Learning Environments. Journal of Gified Education and Creativity, 2 (2), 71-80 Desember, 2015. Tersedia pada http://jgdc.
Candiasa, I M. (2010b). Statistik Multivariat Disertai Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Fisher, A. (2007). Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hake, R. R. (1999). Interactive engagement v.s traditional methods: six-thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. 66 (1).
Lamba, H. A. (2006). “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Stad Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA”. Jurnal Ilmu Pendidikan.13(2), 122-128. Tersedia pada file:///C:/Users/User/Downloads/55-393-1-PB.pdf
Lin, J., & Chen, H. (2008). Discovering learning in different cognitive style of leaners. Taiwan: Departement of Information Management Chaoyang University of Technology.
Mayasari, D., Dantes, N., & Candiasa, I M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya kognitif Siswa Kelas V SD Di Gugus II Kecamatan Mengwi. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnalpendas/article/viewFile/1332/103.
Merdeka.com. (2015). Pendidikan Singapura Terbaik Sedunia Indonesia Cuma Diatas Ghana. Tersedia pada https://www.merdeka.com/dunia/ pendidikan-singapura-terbaik-sedunia-indonesia-cuma-di-atas-ghana.html.
Mursel, J., & Nasution. (2002). Mengajar dengan sukses. Bumi aksara: Jakarta.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Isi. (2006). Tersedia pada http://hfirnandopontianak.blogspot.com/.
Reta, I. K. (2012). Pengeruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Artikel Tesis. Program Studi Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada file:///C:/Users/User/Downloads/403-406-1-SM%20(1).pdf.
Riding, R., & Cheema, I. (1991). Cognitive Style: An Overview and Integration, Educational Psychology. 11, 193-215.
Sadia, I W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (suatu persepsi guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha. ISSN 0215-8250. Tersedia pada http://pasca.umdiksha.ac.id.
Sadia, I W. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Safrina, M.B.P., Nuriah, T., & Sarkadi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMAN 28 Kab. Tanggerang. Jurnal Pendidikan Sejarah.6 (1). Januari 2017.
Subagia, I W., & Wiratma, I G.L. (2007). Potret Pelasanaan Pembelajaran Sains pada Berbagai Jenjang Seolah di Bali. Jurnal Pendidian dan Pengajaran (JPP) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang. 14 (1). 45-55.
Sulaiman, F. (2013). Students’ Reflections: A Case Study on Problem-Based Learning Approach in Malaysia. Scottish Journal of Arts, Social Sciences and Scientific Studies. 11, 2047-1278. April, 2013. Tersedia pada http://scottishjournal.co.uk.
Winkel, M.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License