PROFIL MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU FISIKA PADA KONSEP GAYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v14i1.24265Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika pada konsep gaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 84 mahasiswa program studi pendidikan Fisika. Sampel penelitian ini diambil 27 mahasiswa semester V yang akan mengikuti mata kuliah pengajaran mikro pada semester VI yang akan disiapkan mengikuti praktik mengajar pada semester VII di sekolah mitra. Data dikumpulkan dengan tes diagnostik sebanyak 10 pernyataan benar dan salah. Data dianalisis dengan metode three-tier diagnostic test. Hasil analisis menunjukkan bahwa: pertama, 37,1% mahasiswa mengalami miskonsepsi berkategori rendah, 29,6% berkategori sedang, dan 33,3% berkategori tinggi dengan rata-rata miskonsepsi mahasiswa sebesar 56,7% berkategori sedang. Besarnya rata-rata persentase miskonsepsi yang dialami mahasiswa semester V prodi pendidikan Fisika pada konsep gaya yang melebihi 50% menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika mahasiswa masih tergolong rendah. Kedua, mahasiswa mengalami miskonsepsi pada kelima sub konsep gaya dengan rincian sebanyak: 1) 67% pada sub konsep keberadaan gaya pada benda diam, 2) 26% pada sub konsep satuan berat benda, 3) 70% pada sub konsep contoh pasangan gaya aksi-reaksi, 4) 59% pada sub konsep pengaruh gaya pada benda bergerak, dan 5) 54% pada sub konsep gaya apung. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam merancang pembelajaran pada mata kuliah fisika dasar dan pengajaran mikro agar pemahaman konsep fisika mahasiswa calon guru semakin baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License