E-Modul Aljabar Matrik Salah Satu Media Pembelajaran Sebagai Solusi Memahami Operasi Baris Elementer

Authors

  • soffi widyanesti priwantoro Universitas Ahmad Dahlan
  • syariful fahmi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i2.31507

Keywords:

matrix, operasi baris elementer, media

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah mengetahui kebutuhan yang diperlukan oleh mahasiswa untuk memahami beberapa materi yang dianggap sulit yaitu operasi baris elementer melalui media pembelajaran yang dapat meningkatkan proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan instrument angket , wawancara dan observasi. Dari hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa mengenai urutan pokok bahasan yang tersulit adalah operasi baris elementer sebesar 33,33%, eliminasi gauss Jordan 26,67%, dan 13,33% solusi system persamaan linier dan matriks eselon baris. Sedangkan angket kebutuhan diperoleh 80% menghendaki adanya media video untuk melengkapi proses pembelajaran,73,33% menghendaki media video yang dapat diputar ulang dengan kuota internet yang tidak terlalu boros dan 86,67% menghendaki adanya contoh soal yang bervariasi penyelesaiannya.  Dengan demikian untuk memenuhi kebutuhan agar tujuan proses pembelajran aljabar matriks dapat tercapai maka diperlukan media e-modul yang berbasis video.

References

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).

Anton, H., & Rorres, C. (2013). Elementary linear algebra: applications version. John Wiley & Sons.

Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2017). Penerapan Media Simulasi Matlab Berbasis Interactive Conceptual untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 189-197.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155-162.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Chuang, Y. T. (2014). Increasing learning motivation and student engagement through the technology-supported learning environment. Creative Education, 5(23), 1969.

Hasma, H. (2017). Keterampilan dasar guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1).

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50.

Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).

Isdhana, F. D. (2011). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKn FIS UNNES (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Meidiana, R., Simbolon, D., & Wahyudi, A. (2018). Pengaruh Edukasi melalui media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap remaja overweight. Jurnal Kesehatan, 9(3), 478-484

Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2).

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.

Nawafilah, N. Q. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Menggunakan Operasi Baris Elementer. JURNAL REFORMA, 8(1), 167-172.

Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam konsep sistem indera pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69-80.

Ridla, M. R. (2008). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Rosita, C. D., Laelasari, L., & Noto, M. S. (2014). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linear 1. Euclid, 1(2).

Sinaga, I. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana.

Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan metode dan media bervariasi dengan minat siswa dalam pembelajaran biologi tingkat SMP. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 134-142.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101-112.

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25-30.

Downloads

Published

2021-08-31