PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) BERBENTUK JELAJAH LINGKUNGAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GIANYAR

Authors

  • Kadek Trisna Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.31695

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran luar kelas (outdoor learning) berbentuk jelajah lingkungan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. , dan mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh interaksi antara pembelajaran luar kelas (outdoor learning) berbentuk jelajah lingkungan dan motivasi terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian faktorial 2x2. Populasi dalam penelitan ini sejumlah 298 siswa. Teknik analisis data menggunakan Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran luar kelas (outdoor learning) berbentuk jelajah lingkungan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dalam pembelajaran biologi. (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran outdoor learning dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Biologi.

Kata Kunci: pembelajaran luar kelas jelajah lingkungan, motivasi belajar, hasil belajar biologi

Downloads

Published

2021-04-26

Issue

Section

Articles