Keterkaitan Entreprenuer dan Pembelajaran Matematika Bermakna: Sebuah Kajian Literature
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v17i1.60245Abstract
Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan entrepreneur dan pembelajaran matematika bermakna melalui tren penelitian sepuluh tahun terakhir. Penelitian ini merupakan Systematic Literature Review yang dilakukan dengan mengidentifikasi, meninjau, mengevaluasi, dan menginterpretasikan semua penelitian yang tersedia pada topik yang dituju, dengan tujuan untuk memberikan jawaban dalam pertanyaan penelitian tentang hubungan entrepreneur dan pembelajaran matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah merangkum, mereview, dan menganalisis 25 artikel dengan lingkup pembahasan keterkaitan entrepreneur dan pembelajaran matematika. Penelusuran artikel ini dilakukan mellaui jurnal online seperti dari Google Schoolar, Research Gate, SINTA, DOAJ, Scopus, dan Web of Science. Kesimpulan penelitian ini adalah temuan nilai-nilai kewirausahaan setelah mengikuti pembelajaran matematika dapat diperhatikan dari perubahan sikap ataupun karakter siswa menjadi lebih tekun, mandiri, kreatif layaknya seorang entrepreneur. Integrasi jiwa kewirausahaan dapat diimplementasikan untuk pembelajaran matematika yang bermakna, begitu juga sebaliknya jiwa kewirausahaan dapat disemai melalui pembelajaran matematika yang bermakna.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License