Efektifitas Implementasi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbasis Kasus pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan terhadap Kemampuan Berpikir dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi

Authors

  • Desak Made Citrawathi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Budi Adnyana Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v18i2.85658

Abstract

Sebagai generasi di jaman sekarang mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan abad 21 yang meliputi berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaboratif. Keterampilan berpikir kritis dan kreatif dapat dicerminkan dalam kemampuan berpikir mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahuai keefektivan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbasis kasus terhadap kemampuan berpikir dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Hewan di Program Studi Pendidikan Biologi. Dari fakta pembelajaran dan karakteristik mata kuliah Fisiologi Hewan, maka untuk memberi pengalaman belajar pada mahasiswa terkait kemampuan berpikir dan kemandirian belajarnya, maka dirancang kegiatan pembelajaran kooperatif jigsaw berbasis kasus. Dengan kooperatif Jigsaw mahasiswa dilatih kemandirian belajarnya, dan analisis kasus mahasiswa diasah kemampuan berpikir kritis, kreatif, keterampilan berkolaborasi dan berkomunikasinya. Untuk menguji efektivitas implementasi pembelajaran kooperatif jigsaw berbasis kasus terhadap kemampuan berpikir mahasiswa dilakukan eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian One – Shot Case Study. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan biologi yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan di Semester 3 Tahun Akademik 2023 – 2024, dengan jumlah mahasiswa 20 orang. Kemampuan berpikir mahasiswa dinilai dengan menggunakan tes objektif dan uraian. Hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan berpikir tingkat rendah mahasiswa sebesar 18,7%, dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tingginya 60,6%, Dari kuesioner kemandirian belajar, diperoleh kemandirian belajar mahasiswa sebesar 995 dengan kategori mandiri.

Kata Kunci: Kooperatif Jigsaw, berbasis kasus, kemampuan berpikir, kemandirian belajar

Downloads

Published

2024-12-12