Potensi Teknologi Pembelajaran IPA di Indonesia melalui Pengetahuan Digital Ekspor dalam Menyiapkan Ekonomi Berkelanjutan Mahasiswa Program Pendidikan

Authors

  • Nia Erlina

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v18i2.88198

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terasa dampaknya dalam berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dalam bidang pendidikan menjadikan pembelajaran berbasis ICT sebagai sarana yang paling optimal dari segi pemanfaatan yang baik. Metode yang digunakan untuk pengkajian ini adalah studi literatur dengan dukungan data sekunder. Penelitian ini menghasilkan informasi tentang 1) teknologi pembelajaran IPA di Indonesia; 2) perkembangan digital eksport; 3) perkembangan ekonomi berkelanjutan dalam SDGs; dan 4) penyerapan karir lulusan program pendidikan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa inovasi produk pendidikan IPA berbasis digital telah berkembang di Indonesia melalui program perguruan tinggi. Produk teknologi pembelajaran yang telah berkembang di Indonesia memiliki nilai jual secara lokal maupun ekspor yang dapat mendukung pemanfaatan perkembangan digital ekspor. Produk pendidikan dapat mendukung ekonomi berkelanjutan yang dapat menghindari kerusakan ekologi kekayaan alam Indonesia. Penjualan produk pendidikan belum berkembang di bidang pendidikan karena kecenderungan lulusan program pendidikan menginginkan sebagai pegawai negeri sipil. Dengan demikian, penjualan produk pendidikan digital melalui proses digital ekspor dapat menekan pengangguran sarjana pendidikan.

Kata Kunci: Teknologi, Pembelajaran IPA, Digital Ekspor, Ekonomi Berkelanjutan

Downloads

Published

2024-12-12