PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS IV KECAMATAN BANJAR

Authors

  • Sang Ayu Putu Indrayani
  • I Gusti Ngurah Japa
  • Ni Wayan Arini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20811

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa dilihat dari hasil UTS siswa yang tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Siklus Belajar berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Banjar yang berjumlah 166 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Banjar  yang berjumlah 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 1 Banjar yang berjumlah 24 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dan penilaian sikap menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis uji-t terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,92, ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran siklus belajar berbasis tri hita karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun Pelajaran 2018/2019.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ditriguna, Kusuma Arya (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Negeri 5 Pedungan. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:Indeks.

Sadia. 2014. Model - Model Pembelajaran Sains Kontruktivistik. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Subagia, Wisesa. Persepsi Masyarakat Terhadap Konsep Tri Hita Karana Sebagai Implementasi Hukum Alam. Jurnal Universitas Pendidikan Lampung.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta:DIVA Press.

Putra, Gustana Wesa. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. Mimbar Pgsd Undiksha, 4(1)

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS IV KECAMATAN BANJAR. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20811

Issue

Section

Articles