Model Pembelajaran Savi Berbasis Tri Kaya Parisudha Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i1.27242Keywords:
SAVI, Tri Kaya Parisudha, IPAAbstract
Rendahnya hasil belajar IPA pada siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran inovatif yang dapat menarik siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Intac Group Comparison. Jumlah populasi sebanyak 124 siswa kelas IV. Sampel yang digunakan adalah 62 siswa yang diperoleh berdasarkan teknik random sampling. Dalam Penelitian ini data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda, dan dianalisis dengan uji-t polled varians. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Fisher. Hasil analisis thitung = 2,210 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 60 diperoleh ttabel = 2,000, karena harga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan H0 diolak dan Ha diterima. Dengan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha 79,467, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional 76,188. Sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV.
References
Anggreni, Wiarta, & Putra. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbasis ( TIK ) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 15–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357 DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). . Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774
Desstya, A. (2015). Keterampilan Proses Sains Dan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar.
Febriana, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Kependidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v1i2.1678
Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667 DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667
Hamdani, D., Eva, K., & Indra, S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII DI SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA.
Kurnia, Damayani, & Kiswoyo. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Kusniya, K., & Muchyidin, A. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, And Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Geometri Siswa (Studi Eksperimental Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gegesik Cirebon Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.38 DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.38
Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.19 DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.19
Kusumawati, S. W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 2(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10583
Muniroh, Maftukhin, & Sriyono. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Muhammadiyah Urworejo, 7(1). Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/252?articlesBySameAuthorPage=11
Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385
Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Rosalina, E., & Pertiwi, harumi citra. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Kemampuan Komuniasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education). https://doi.org/doi.org/10.31539/judika.v1i2.313 DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.313
Setyosari, P. (2016). Educational Research & Development Methods (Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan). In Jakarta: Prenadamedia Group.
Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vii Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118 DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Suyono, Harsiati, & Wulandari. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. https://doi.org/10.17977/um009v26i22017p116
Trianto dan Woior, J. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Presiasi Pustaka.
Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan.
Veronika, A. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal PASUPATI. https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135 DOI: https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135
Wati, A., Susilo, H., & Sutopo. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan.
Wati, Darsana, & Suardika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Raden Ajeng Kartini. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3002
Weda, I. W., Putra, G., Parmiti, D. P., Suwatra, I. I. W., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166
Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model Pembelajaran Sets (Science, Environment, Technology, Society) Berbantuan Virtual Lab Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776
Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257 DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Yuniar, Mulyati, & Cahyadi. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Masa Studi Program Pascasarjana di Institut Pertanian Bogor. Jurnal Akuntanbilitas Manajemen Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.25084 DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.25084