Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i1.27246Keywords:
Discovery, Tri Kaya Parisudha, IPSAbstract
Banyak siswa yang tidak mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru dan cenderung lebih fokus bermain dengan temannya sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain non-equivalent pre-test post-test control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes pilihan ganda. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain score kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 6,546 > ttabel = 1,993 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan dk = (43 + 33 – 2) = 74 maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS.
References
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Ariana, Situmorang, & Krave. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381 DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381
Arsa, I. G. A. S. A., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2017). Korelasi Antara Disiplin Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education Technology, 1(3), 156. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12499 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12499
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 32(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.8 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.8
Darmawan. (2010). Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Di MI Darrusaadah Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1). Retrieved from http://jurnal.upi.edu/md/view/195/penggunaan-pembelajaran-berbasis-masalah-dalam-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-pada-pembelajaran-ips-di-mi-darrusaadah-pandeglang.html
Daryanto, & Sudjendro, H. (2014). Wacana bagi Guru SD Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogjakarta: Gava Media.
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275 DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275
Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 149–156. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17737
Jamilah, Jampel, & Parmiti. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Mata Pelajaran IPA Siswa SD NO 1 Baktiseraga Kelas IV. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 189–198. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20376/12427.
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25. 2.1
Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895
Lieung, W. K. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Karlina. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465 DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465
Luh, N., Retno, P., Darsana, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Korelasi Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3), 202–209. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21097
Mana, S., Saneba, B., & Palimbong, A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3194
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123 DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Noervadila, & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X IPS Semester Genap Di MA Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA : Ikatan Alumnus PGSD UNARS, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582 DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582
Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508 DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508
Pratama, G. H. A., Renda, N. T., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. Mimbar Ilmu, 23(1), 128–136. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402
Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16285
Putrayasa, I. M., Syahruddin, & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087
Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Rai, A. A. I., Dewi, M., & Ganesha. (2014). Pengaruh Model Vct Berlandaskan Konsep Tri Kaya Siswa Kelas V Di Sd Gugus Iii Kecamatan Seririt 2013 / 2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2430
Restyani, N. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399
Rosnaeni, Muslimin, & Saehana, S. (2018). Perbandingan Keterampilan Proses Sains antara Kelompok Siswa yang Diajar dengan Model POE dan Model Discovery. Jurnal Pendidikan Fisika, VI(1), 43–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1260
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sari, Akbar, & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1572—1582. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Sujarwo, S. (2015). Pendidikan Di Indonesia Memprihatinkan. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3528 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3528
Susanti, D., Anwar, C., Putra, F. G., Netriwati, Afandi, K., & Widyawati, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe POE dan Aktivitas Belajar terhadap Kemampuan Metakognitif. Jurnal Inovasi Matematika, 2(2), 93–105. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.199 DOI: https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.199
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56
Veronika, A. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal PASUPATI, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135 DOI: https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135
Wahyuni, N. E., Muslim, A., & Pamujo. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Prestasi Belajar Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 147–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1493 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v2i2.1493
Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250. DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yupita, Azariya, & Waspodo. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-gsd/article/view/3017