Media Fun Thinkers dengan Latar Gambar Nuansa Budaya Bali Kelas 3 Sekolah Dasar Tema 7 Perkembangan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.39389Keywords:
Media fun thinkers, budaya BaliAbstract
Penggunaan media pembelajaran belum berjalan dengan baik. Penggunaan media yang sering digunakan di sekolah dasar saat ini masih cukup monoton yang menyebabkan siswa tidak dapat berinteraksi dan tidak aktif dalam belajar. Pembelajaran tematik yang seharusnya memberikan kesan nyata bagi siswa tidak dapat berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media fun thinkers dengan latar gambar nuansa budaya Bali untuk siswa kelas III SD pada Tema 7 Perkembangan Teknologi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli/ pakar, 2 guru, dan 6 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner dengan menggunakan metode kuesioner dengan penyebaran instrumen rating scale. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kualitaif dan data kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor validitas dan reliabilitas, nilai rata-rata validitas materi soal yang diperoleh adalah 4,7 dengan kualifikasi sangat baik, nilai rata-rata validitas media yang diperoleh adalah 4,68 dengan kualifikasi sangat baik, perolehan skor respon praktisi adalah 94,5% dengan kualifikasi sangat baik, perolehan skor respon siswa adalah 93,6% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi, media fun thinkers’ yang dikembangkan dengan latar gambar nuansa budaya Bali dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas III sekolah dasar. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu dan memfasilitasi belajar siswa secara mandiri, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
References
Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186
Anugraheni, I., & Kristin, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas IV Tema 9 Subtema 1. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 285–292. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p285-292 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p285-292
Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666 DOI: https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666
Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475
Gama, I. G. B. S., Mahadewi, L. P. P., & Jampel, I. N. (2016). Pengembangan Multimedia Tutorial Interaktif Sumber Daya Alam dan Teknologi pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN 3 Banyuasri. Jurnal EDUTECH, 6(3), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v4i3.8560
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514
Hafidah, E., Sumardi, & Suryana, Y. (2020). Pengembangan Media Puzzle Tentang Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia Untuk Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 71–81. https://doi.org/10.17509/md.v16i1.26528 DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26468
Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Hermansyah, A. K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 104–115. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468 DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468
Hidayah, N., & Rohmatillah, R. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Islami Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 27. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668 DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668
Isdayanti, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran), 4(2), 390–406. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711
Khair, M., Muqsith, A., Hamid, A., & Salehuddin, M. (2021). Pengembangan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Alternatif Tema Analisis Sunah dan Hadis. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 95–106. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/download/2273/1254.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750 DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55 DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Mardiyana, I. I., & Pritasari, A. C. (2020). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Kelas Iv Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” Ditinjau Dari Implementasi Pendekatan Saintifik. In Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 1, pp. 1–14). https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6255 DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6255
Megawati, N. K. S. (2021). Penerapan Metode Penugasan Berbantuan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengambdian 2021, 1(1), 164–171. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/130
Megawati, N. K. S. M. S. (2021). Penerapan Metode Penugasan Berbantu Media Fun Thinkers Book untik Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 164–171. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/130
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927 DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927
Mustaqim, I., & Wijayanti, W. (2019). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jogoroto Jombang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 1–23. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpdi/article/view/1900.
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Puspawati, G. A. M. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Ragam Gerak Tari Pendet. Jurnal Stilistika, 7(2), 274–291. https://doi.org/10.5281/zenodo.3900648
Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Rahiem, M. D. H. (2021). Remaining motivated despite the limitations: University students’ learning propensity during the COVID-19 pandemic. Children and Youth Services Review, 120, 105802. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105802 DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105802
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3208
Rezeki Nst, S. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Scientific pada Tema 4 berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan Kelas IV Di SDN 060912 Medan Denai T. A 2020/2021. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 18(1), 36–45. https://doi.org/10.24114/jkss.v18i1.25069
Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330 DOI: https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330
Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 518–523. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10813
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 11. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Sari, D. V., & Kusmariyatni, N. (2020). The Validity of the Pop-Up Book Media on Puberty Topics for Sixth Grade Elementary School. Indonesia Journal Of Elementary Education, 4(2), 179–186. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25295 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25295
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Sukarniti, N. L. K. (2020). Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Memproteksi Masyarakat Bali Dari Dampak Kemajuan Teknologi. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.47532/jic.v3i1.135 DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v3i1.135
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970 DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970
Sunarti, S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan Game Petualangan “Si Bolang” Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180
Suryatniani, I. A. K. (2019). Revitalisasi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Mengatasi Krisis Moral. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(1), 38–48. https://doi.org/10.33363/ba.v9i1.229. DOI: https://doi.org/10.33363/ba.v9i1.229
Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492
Tryanasari, D., Mursidik, E. M., & Riyanto, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Untuk Kelas Iii Sekolah Dasar Di Kabupaten Madiun. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 132–172. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.273 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.273
Ula, R., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Komik Pada Pembelajaran Garis Dan Sudut Di Smp Negeri 7 Surabaya. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1292. DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1292
Ulwiyah, N., & Mumayizah, N. (2020). Implementasi Metode Jigsaw Dan Media Diorama Kelapa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mi Pada Mata Pelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 63–78. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpdi/article/view/2112
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Widiyono, A., & Irfana, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125
Wijaya, I. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2021). The Influence of Fun Thinkers Book Media Towards Science Concepts Understanding of 5Th Grade Student on Min 3 Central Lombok in 2020/2021 Academic Year. Progres Pendidikan, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.128 DOI: https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.128
Withasari, Y. (2019). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Pada Anak Usia Dini. NOURA: Jurnal Kajian Gender, 3(2), 21–41. https://doi.org/10.32923/nou.v3i2.1046. DOI: https://doi.org/10.32923/nou.v3i2.1046