Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Model Picture And Picture berbasis Tri Hita Karana
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.45445Keywords:
Penerapan, Model Picture and Picture, Tri Hita KaranaAbstract
Siswa sering mengalami kesulitan dalam memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, dan menerangkan sesuatu yang akan dituangkan dalam tulisan teks eksposisi. Hal tersebut membuat siswa cenderung pasif dan merasa bosan dengan proses pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 37 orang dengan rincian 22 orang putra dan 15 orang putri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Dalam mengumpulkan data tersebut, digunakan empat metode, yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksposisi siklus I yaitu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah rata-rata (belum berhasil) Pada Siklus II dengan pembelajaran menulis teks eksposisi menunjukkan banyak siswa yang mendapatkan nilai di atas rata-rata (tuntas). Disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi meningkat melalui penerapan model picture and picture pada peserta didik. Disarankan kepada guru bahasa Indonesia untuk mengaplikasikan model picture and picture berbasis Tri Hita Karana dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis.
References
Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102, 67–86. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004 DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004
Ammade, S., Mahmud, M., Jabu, B., & Tahmir, S. (2020). TPACK model based instruction in teaching writing: An analysis on TPACK literacy. International Journal of Language Education, 4(1), 129–140. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441 DOI: https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441
Anggraini, R. D., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(1), 37. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282
Anjasari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Ansoriyah, S. (2017). Pengaruh Pemberian Musik Klasik Terhadap Kemampuan Menulis Berita Siswa SMAN 37 Jakarta. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 104–117. https://doi.org/10.21009/10.21009/AKSIS.010106 DOI: https://doi.org/10.21009/10.21009/AKSIS.010106
Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512
Dames, I., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 1 Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.59 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.59
Delfi, R. S., & Zulhendri, Z. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Active Learning Teknik Card Sort Kelas V SDTI 030 Batu Belah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.336 DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.336
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah UNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855
Dwija Putri, I. G. A. M. A., Ulupui, I. G. K. ., & Wirawati, N. G. P. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Budaya Tri Hita Karana Pada Kinerja Bank Perkreditan Rakyat. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 17. https://doi.org/10.24843/jiab.2017.v12.i01.p03 DOI: https://doi.org/10.24843/JIAB.2017.v12.i01.p03
Farzandipour, M., Jabali, M. S., Nickfarjam, A. M., & Tadayon, H. (2021). Usability evaluation of selected picture archiving and communication systems at the national level: Analysis of users’ viewpoints. International Journal of Medical Informatics, 147. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2020.104372 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2020.104372
Fatmasari, D., Purba, A., & Salikun, S. (2019). Media Permainan Tebak Gambar Efektif Dalam Peningkatan Pengetahuan Dan Tindakan Menyikat Gigi Dibandingkan Media Booklet. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(1). https://doi.org/10.31983/jkg.v6i1.4447 DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v6i1.4447
Fitri, M., & Afnita. (2020). Korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 26(2), 77–81. https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i2.17925 DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v18i2.2383
Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Hasyim, N., Mulya, A. S., & Wahyono, S. (2015). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Rasionalitas bagi Mahasiswa Lamban Belajar. Journal Polingua: Scientific Journal of Linguistics, Literature and Education, 4(2). https://doi.org/10.30630/polingua.v4i2.92 DOI: https://doi.org/10.30630/polingua.v4i2.92
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291
Hidayah, Nurul, Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182
Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kata Bergambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27446
Juariah, D., Arifin, E. Z., & Suendarti, M. (2020). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 27. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6681 DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6681
Jultia, W. O., Sahlan, & Hanafi, F. (2019). Kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Duruka. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(3). https://doi.org/10.36709/jb.v4i3.10754 DOI: https://doi.org/10.36709/jb.v4i3.10754
Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. H. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056–1065. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872
Krismasari, D. N. N., Kristiantari, M. G. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Krisnawati, V., & Marahayu, N. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Bengkel Sastra melalui Media Kotak Gambar Ajaib. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 12–27. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470 DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470
Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805
Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294
Ningsi, N., & Salwiah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Tebak Gambar Menggunakan Media Flip Chart. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3). https://doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9109 DOI: https://doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9109
Owon, R. A. S. (2019). Penggunaan Media Plano Kalender Bekas Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Materi Pidato Persuasif. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 198–213. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.10020 DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.10020
Pradnyawathi, N. N., Chintya, & Agustika, S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementy Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660
Pramesti, U. D., Pramesti, U. D., & Effendi, E. E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Paragraf Pada Mku Bahasa Indonesia Di Universitas Negeri Padang Melalui Model Stad (Student Team-Achievement Divisions) Metode Menulis Berantai. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2565 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2565
Puspitowati, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 120. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5734 DOI: https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5734
Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–21. DOI: https://doi.org/10.29240/estetik.v1i1.508
Rafael, A. M. D. (2019). Interferensi Fonologis Penutur Bahasa Melayu Kupang Ke Dalam Bahasa Indonesia Di Kota Kupang. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(01), 47–58. https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i1.7225 DOI: https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i1.7225
Ratihwulan, E., & Asmara, R. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Discokaku Dipadu Gambar Berseri di SMA Negeri 5 Magelang. Transformasi: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(1). https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.2006 DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.2006
Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. El-Ibtikar. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363 DOI: https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363
Rosmalem. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.24114/jh.v6i2.6529
Sadeli, L. (2020). Pembelajaran Model Gambar Dan Sugesti Imajiner Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Dan Sastra. Jurnal Soshum Insentif, 3(2). https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.374 DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.374
Safura, S. S., Suhartiningsih, S., & Yuliati, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Pilihan Kata Yang Tepat Melalui Penerapan Strategi Writing in the Here and Now Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas VA SDN Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5090 DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5090
Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.29210/12017295 DOI: https://doi.org/10.29210/12017295
Sedana Suci, I. G., Sonhadji, A., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Organizational Harmony in Hindu Higher Educatiob Institution based on Tri Hita Karana Culture. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 2(1), 49. https://doi.org/10.25078/ijhsrs.v2i1.526 DOI: https://doi.org/10.25078/ijhsrs.v2i1.526
Sismulyasih, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 68. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5341 DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5341
Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 3(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435
Sugihartini, N. M., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Menejemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri Kota Singaraja Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2776 DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2776
Suhandra, I. R. (2018). Pemanfaatan media gambar berseri untuk memperkaya kemampuan menulis naratif bahasa inggris siswa kelas IX MTS NW Nurul Wathon Pengembur Lombok Tengah. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1). https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.576 DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.576
Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836 DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836
Suratman, Ilyas, & Mariamah. (2021). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Penerapan Metode Drill. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2301 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2301
Suryantari, N. M. E., Suadnyana, I. N., & Wulandari, I. G. A. . (2018). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Pendidikan Multikultural Indonesia, 1. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773
Susiani, P. E., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2013). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak Kelompok B TK Satya Kumara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1138
Swarastuti, A. (2019). The Impact Of Picture Series Towards Students’ Ability In Writing Narrative Text. Edukasi Lingua Sastra, 17(1). https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.108 DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.108
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348 DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.21009/1.02113 DOI: https://doi.org/10.21009/1.02113
Syar’i, A., Akrim, A., & Hamdanah. (2020). The Development of Madrasa Education in Indonesia. Revista Argentina de Clínica Psicológica, 29(4), 513. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.858
Trisnoningsih, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1271 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1271
Udayana, A. A. G. B. (2017). Marginalisasi Ideologi Tri Hita Karana Pada Media Promosi Pariwisata Budaya Di Bali. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 32(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.4 DOI: https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.4
Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693
Wibowo, A., & Rahmayanti, I. (2020). Penggunan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5094 DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5094
Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.285 DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.285
Widnyana, I. G., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995
Widyaningrum, H. K. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2). https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.129 DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.129
Widyari, I. A. M., Ganing, N. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Teks Dialog Terhadap Kompetensi Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia. Mimbar Ilmu, 23(2), 95–103. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16415 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16415
Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 96–107. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778
Yusnidar. (2014). Penerapan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Analytical Exposition Bahasa Inggris Siswa Kelas XI Ipa-1 Man Model Banda Aceh. Getsempena English Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.46244/geej.v1i2.676
Zainudin. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN1 Dongko Dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online. https://doi.org/10.1002/ajmg.1363 DOI: https://doi.org/10.1002/ajmg.1363