Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli Siswa Melalui Kooperatif tipe STAD berbasis Tri Kaya Parisudha

Authors

  • I Made Sudana Arianto Universitas Pendididkan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.45447

Keywords:

Kooperatif, Aktivitas, Hasil Belajar, Tri Kaya Parisudha

Abstract

Masih banyak siswa yang tidak mencermati penjelasan guru dalam mendemonstrasikan teknik dasar passing bawah dan passing atas bola voli. Hal ini mengakibatkan siswa kurang percaya diri untuk mencoba melakukan suatu gerakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing (passing bawah dan passing atas) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Tri Kaya Parisudha. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 34 orang, 19 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Metode yang digunakan untuj pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal pada observasi awal ada cukup aktif, meningkat pada siklus I menjadi aktif, dan meningkat menjadi aktif pada siklus II. Persentase hasil belajar secara klasikal pada observasi awal sangat kurang, meningkat pada siklus I menjadi cukup, dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik passing (passing bawah dan passing atas) bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Tri Kaya Parisudha. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola voli.

Author Biography

I Made Sudana Arianto, Universitas Pendididkan Ganesha, Singaraja

Program Pendididkan Profesi Guru

References

Afinda, Aisyah, & Wijayanti. (2019). Cooperative-STAD Dengan Word Square: Dampaknya Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 3(1), 17 – 27. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773 DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773

Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1 (3). https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801 DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801

Agustini, Tomi, & Sudjana. (2016). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN KRIAN 3 Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Jasmani, 26(2). https://doi.org/10.17977/pj.v26i2.7502

Alfiani, D. A., & Sopiyani, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (STAD) Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Journal Pendidikan Guru MI, 1(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.459 DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.459

Anggraini, D., Relmasira, S., & Tyas Asri Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas 2 Sd. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 324. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379 DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802 DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802

Atalay, R. (2015). The Education and the Human Capital to Get Rid of the Middle-income Trap and to Provide the Economic Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 969–976. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.720 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.720

Awidi, I. T., Paynter, M., & Vujosevic, T. (2019). Facebook group in the learning design of a higher education course: An analysis of factors influencing positive learning experience for students. Computers & Education, 129. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.10.018 DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.10.018

Ayu, D., Manu, M., & Priantini, O. (2020). The Development Of Teaching Video Media Based On Tri Kaya Parisudha In Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4, 448–455. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608

Baumfalk, B., Bhattacharya, D., Vo, T., Forbes, C., Zangori, L., & Schwarz, C. (2019). Impact of model-based science curriculum and instruction on elementary students’ explanations for the hydrosphere. Journal of Research in Science Teaching, 56(5), 570–597. https://doi.org/10.1002/tea.21514 DOI: https://doi.org/10.1002/tea.21514

Bicer, A., Marquez, A., Colindres, K. V. M., Schanke, A. A., & Castellon, L. B. (2021). Investigating creativity-directed tasks in middle school mathematics curricula. Thinking Skills and Creativity, 40. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100823 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100823

Candra Lestari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331 DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331

Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517 DOI: https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3224

Darmayasa, I. W. G. S., Suara, I. M., & Manuaba, I. B. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Strayberbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PKn. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.922

Dewi, N. K. C., Sedanayasa, G., & Sulastri, M. (2014). Pengaruh Moidel Pembelajaran Numbered Head Together Berlandasakan Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4144

Dharsana, G. S., & Sidabutar. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19463 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15492

Dinata, I. . D. P. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus 8 I Gusti Ngurah Rai. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2277

Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Observasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127–138. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772 DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300 DOI: https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 53–57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Jaziroh, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.3283 DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.27-32

Jubaedah, J. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591

Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293

Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.7 DOI: https://doi.org/10.21093/di.v14i1.7

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705 DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115 DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160

Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143

Maelasari, E., & Wahyudin. (2017). Effects of Cooperative Learning STAD on Mathematical Communication Ability of Elementary School Student. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012090 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012090

Ngilamele, M., Laamena, C. M., & Palinussa, A. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Teams Assited Individualization) Terhadap Hasil Belajar Materi Himpunan Pada Siswa Smp Maria Mediatrix Ambon. Journal of Honai Math, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.51 DOI: https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.51

Nur, M. I., & Salam, M. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99–112. https://doi.org/10.36709/jppm.v4i1.3055

Nurmahmidah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pokok Bahasan Peluang Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Mia 2 Sma Negeri 1 Sedayu. Jurnal Mercumatika, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.252 DOI: https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.252

Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954

Pendidikan, P. T., & Wulandari, D. A. (2016). pengembangan media pembelajaran pelajaran IPA materi cahaya kelas VIII di SMP.

Pramesti, U. D., Pramesti, U. D., & Effendi, E. E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Paragraf Pada Mku Bahasa Indonesia Di Universitas Negeri Padang Melalui Model Stad (Student Team-Achievement Divisions) Metode Menulis Berantai. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2565 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2565

R. Rustiana, E. (2013). Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Harmoni. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 139–149. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1267 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1267

Rabgay, T. (2018). The effect of using cooperative learning method on tenth grade students’ learning achievement and attitude towards biology. International Journal of Instruction, 11(2), 265–280. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11218a DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2018.11218a

Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 94–107. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960 DOI: https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960

Rai, A. A. I., Dewi, M., & Ganesha. (2014). Pengaruh Model Vct Berlandaskan Konsep Tri Kaya Siswa Kelas V Di Sd Gugus Iii Kecamatan Seririt 2013 / 2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2430

Rangkuti, R. K., Ramli, M., & Nasution, M. I. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-Stad Terintegrasi ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.885 DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.885

Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105

Sa’diah, K., & Winarno, M. E. (2019). Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 90. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p82-90 DOI: https://doi.org/10.17977/um040v3i2p82-90

Selamet, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV”. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10768

Somawati, A. V., & Made, Y. A. D. N. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal Pasupati, 6(1). https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135

Suherti, H., & Tsuroya, T. F. (2019). Implementasi Model Cooperative Learning Teknik Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mengajar dalam Program Latihan Profesi. Jurnal Soshum Insentif, 2(1), 67–79. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.49 DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.49

Sujana, D. M. A., Dharsana, I. K., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19462 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424

Sulistyono, J. (2019). Hubungan antara Motivasi dan Persepsi Siswa Terhadap Guru dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan, Dan Pengajaran), 5(2), 2442–3874. https://doi.org/10.36728/jis.v19i1.958 DOI: https://doi.org/10.36728/jis.v19i1.958

Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vii Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962

Susanti, V. D. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Dan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (Tps) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Vii Smp Negeri 2 Kebonsari Tahun Ajaran 2011/2012. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(2), 32. https://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.476 DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.476

Tiwow, D., Salajang, S., & Damai, W. (2020). The Effect of Cooperative Learning Model of STAD to the Mathematics Understanding. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 438(Aes 2019), 279–282. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.063 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.063

Veronika, A. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal PASUPATI, 6(2). https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135

Veronika, Ayu. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal PASUPATI. https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135 DOI: https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan jasmani materi teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774

Widiasih, L. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17758 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17758

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.285 DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.285

Widodo. (2014). Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 281–294. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144 DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144

Widowati, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples Dan Stad Pada Mata Kuliah Struktur Hewan Program Studi Pendidikan Biologi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi Fkip Um Metro, 2(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.202 DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.202

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Xiong, W., Mok, K. H., Ke, G., Oi, J., & Cheung, W. (2020). Impact of COVID-19 Pandemic on International Higher Education and Student Mobility : Student Perspectives from Mainland China and Hong Kong. Centre for Global Higher Education, 105(August 2020), 101718. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101718 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101718

Yang, B., Swe, T., Chen, Y., Zeng, C., Shu, H., & Li, X. (2021). Energy cooperation between Myanmar and China under One Belt One Road: Current state, challenges and perspectives. Energy, 215. https://doi.org/10.1016/j.energy.2020.119130 DOI: https://doi.org/10.1016/j.energy.2020.119130

Yulianto, I., Warsono, W., Nasution, N., & Rendy A.P, D. B. (2020). The Effect of Learning Model STAD (Student Team Achievement Division) Assisted by Media Quizizz on Motivation and Learning Outcomes in Class XI Indonesian History Subjects at SMA Trimurti Surabaya. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11), 923–927. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.2746 DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.2746

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 96–107. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778

Zahro, Degeng, & Mudiono, A. (2018a). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2). https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021

Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018b). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021

Downloads

Published

2022-03-10

How to Cite

Arianto, I. M. S. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli Siswa Melalui Kooperatif tipe STAD berbasis Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(2), 72–82. https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.45447

Issue

Section

Articles