PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54496Keywords:
Hasil Belajar; Kecerdasan Emosional; PBLAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa SMA yang difokuskan pada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 3 Denpasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Data dalam penelitian ini berupa data hasil belajar dan kecerdasan emosional yang dianalisis menggunakan analisis ANAKOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.
References
Agustina, B. V. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 19-23.
Antara, A. 2022. Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1), 15-21.
Amin, D. N. F., Tuti, N., & Sarkadi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMAI Al-Azhar 4 Kemang Pratama Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(1), 11-18.
Artini, N. P. J., I. W. Muderawan., & I. W. Karyasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-11.
Barrows, Howard. 2012. Model Problem Based Learning. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmayanti, S. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Darussalam Ambon, 4(1), 200-207.
Edhe, M. R., Engge, Y., & Deke, O. 2019. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Kota Tambolaka Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Sumba, 1(1), 5-13.
Fahmidani, Y., Yayuk, A., Januar, S., & Agus, A. P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Chemistry Education Practice, 2(1), 1-5.
Goleman, D. 2005. Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia
Hartman, K. B., Christopher, R. M., & Jamie, M. L. 2013. Effectiveness of Problem-Based Learning in Introductory Business Courses. Journal of Instructional Pedagogies, (12), 1-13.
Herawati. 2017. The Correlation Among Students’ Emotional Intelligence and Reading Motivation on Reading Comprehension Achievement of Eleventh Students of SMAN 2 Kota Lubuklinggau. Journal STKIP PGRI Bandar Lampung, 2, 12-28.
Ilmi, A. R. M & Erna, P. 2022. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Era Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Rekayasa Teknologi dan Sains, 6(1), 1-4.
Islamiati, N., Rahmawati., & Mukhtar, H. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MS SMA N 1 Kediri pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi. Chemistry Education Practice, 3(2), 112-115.
Jan, S. U., Anwar, M. A., & Warraich, N. F. 2018. The Relationship between Emotional Intelligence, Library Anxiety, and Academic Achievement Among the University Student. Journal of Librarianship and Information Science, 52(1), 1-12.
Malmia, W., Siti, H. M., Syafa, L., Azwan, A., Irma, M., Hasanudin, T., & Chairul, B. U. 2019. Problem-Based Learning as an Effort to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140-1143.
Mutmainah, S., Tri, A. K., & Riyadi. 2015. Eksperimentasi Model Problem Based Learning dan Group Investigation ditinjau dari Kategori Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Berpikir Matematis. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(8), 837-847.
Pawiro, Y. P., Budiyono., & Isnandar, S. 2015. Eksperimentasi Model PBL dan Model Discovery Learning serta Model Think Pair Share Materi Kubus dan Balok ditinjau dari Kategori Kecerdasan Emosional pada Kemampuan Bepikir Matematis Tingkat Tinggi Peserta Didik SMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Sukoharjo, 5(1), 51-59.
Prafitriyani, S., Irma, M., Nur, F. A., Irmawati., & Chairul, B. U. 2019. Influence of Emotional Intelligence Mathematics Learning Outcomes of Class VII Middle School 9 Buru Students. Journal of scientific and technology research, 8(10), 1490-1494.
Prayitno, S. H., Hesty, P. D. U. 2021. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Discovery Learning dan Problem Based Learning ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 159-169.
Purwanti, P. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 85-92.
Ramadhan, P. L. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal Chemistry Education Review. 3(1), 172-184.
Ratnaningsih, S., Nahartini, D., & Yuliayani, A. 2018. The Effect of Problem-Based Learning Methods and Self Confidence to English Learning Outcomes in the Elementary School. Journal of Education in Muslim Society, 5(2), 135-144.
Riyanto, P & Philipus, B. 2019. Effect of Student Learning Model on Emotional Intelligence. International Journal of Management (IJM), 10(6), 54-60.
Rizka, B & Lismalinda. 2021. The Effect of Problem-Based Learning Model on the Sociolinguistics Learning Outcomes of Private University Students in Aceh. Getsempena English Education Journal (GEEJ), 8(1), 14-25.
Sergis, S., Sampson, D. G., & Pelliccione, L. 2018. Investigating the Impact of Flipped Classroom on Students' Learning Experiences: A Self-Determination Theory approach. Computers in Human Behavior, 78,368-378.
Setiadi, Y. 2018. Hubungan Konsep diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 119-132.
Setyawan, A. A & Dumora, S. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 11-18.
Sofyan, H. 2016. Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3),260-271.
Simone, C. D. 2014. Problem Based Learning in Teacher Education: Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science, 4(12), 17-29.
Veronika, U., Atiek, W., & Almubarak. 2018. Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar pada Materi Koloid melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Chemistry and Education, 2(2), 63-70.
Wiratmaja, C. G. A., Sadia., & Suastra. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Self-efficacy dan Emotional Intelligence Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-11.