PENGEMBANGAN LABORATORIUM MAYA INTERAKTIF TERINTEGRASI LMS PLATFORM MOODLE PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54499Keywords:
Laboratorium Maya; MOODLE; Pembelajaran FisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk laboratorium maya terintegrasi LMS MOODLE pada pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) mengadopsi model pengembangan Luther, meliputi tahap 1) concept, 2) design, 3) material collecting, 4) assembly, 5) testing, dan 6) distribution. Teknik pengumpulan data melaui pemberian angket validasi, angket kepraktisan dan tes hasil belajar fisika. Uji efektivitas produk menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian di analisis dengan validasi Gregory, N-gain score ternormalisasi dan analisis skor rata-rata. Hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa (1) Laboratorium maya sangat valid dari segi materi (KVG = 0,88), media ( 96,12) dan bahasa ( 97,67); (2) laboratorium maya sangat praktis dari praktisi guru (97,57) dan (2) uji coba perorangan siswa (95,37) serta kelompok (91,22); (3) laboratorium maya efektif meningkatkan hasil belajar fisika dengan kriteria sedang (<g> = 0,66). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk memperoleh penilaian valid, efektif dan praktis.
References
Basilaia, G. & D. Kvavadze. 2020. Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research. 5(4), 1-9. https://eric.ed.gov/?id=EJ1263561
Erfan, M., Maulyda, Hidayati, Widodo, & Ratu. 2021. Utilization of the Android physics virtual lab application to improve understanding of light and optics concepts Utilization of the Android physics virtual lab application to improve understanding of light and optics concepts. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1088/1/012016
Filujeng, D. O., Martini, & A. R. Purnomo. 2022. Implementasi home laboratory topik perpindahan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada masa pandemi. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 10(1), 94–101.
Gunawan, A. Harjono. & H. Sahidu. 2015. Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 2015. 6(1), 232–237.
Harjono, A., H. Sahidu. & L. Herayanti. 2017. Virtual laboratory to improve students’ problem-solving skills on electricity concept. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(2), 257–264. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8750
Hidayat, R., L. Hakim. & L. Lia, . 2019. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 7(2), 97–104. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900
KKemendikbud. 2019. Laporan Hasil Ujian Nasional 2019/2020. Diakses pada https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id. Diunduh pada 10 September 2021.
Kirna, I M. 2011. Integrasi hypermedia dalam strategi siklus belajar untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMP yang memiliki dua gaya belajar berbeda. Laporan Hibah Doktor. Malang: PPS UM
Lestari, D. P., & Supahar. 2020. Students and teachers ’ necessity toward virtual laboratory as an instructional media of 21 st century science learning Students and teachers ’ necessity toward virtual laboratory as an instructional media of 21 st century science learning. Journal of Physics : International Seminar on Science Education. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012091
Luthfi, I., F. Mufit, M. Rosiana, & N. Putri. 2020. Design of physical teaching material based on cognitive Conflict learning in direct current electricity integrating virtual laboratory. Pillar Of Physics Education. 14(4), 558–567.
Manikowati, Nf. & D. Iskandar. 2018. Pengembangan Model Mobile Virtual Laboratorium Untuk Pembelajaran Praktikum Siswa Sma. Jurnal Kwangsan. 6(1), 23. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p23--42
Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). 2018. Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Purwandari, E. 2019. Pengembangan virtual laboratory termodinamika di sekolah menengah atas. Science and Physics Education Journal. 3(1).
Rizal, A., R. I. Adam, & S. Susilawati. 2018. Pengembangan laboratorium virtual fisika osilasi. Jurnal Online Informatika, 3(1), 55. https://doi.org/10.15575/join.v3i1.140
Rosdiana, D., A. Suherman, & R. Darman. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Physics Laboratory. Journal Of Nature Science and Integration. 2(2), 132–142.
Sari, P. Y. & Nana. 2020. Pengaruh model REACT berbantuan virtual laboratory terhadap pemahaman konsep pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika. 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i1.16058
Sumargo, E. & L.Yuanita. 2014. Penerapan media laboratorium virtual ( PhET ) pada materi laju reaksi dengan model pengajaran langsung. Unesa Journal of Chemical Education. 3 (1), 119–133.
Swandi, A., H. S. Nurul, & L. J. Irsan. 2015. Pengembangan media pembelajaran laboratorium virtual untuk mengatasi miskonsepsi pada materi fisika inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia. 18(52), 20–24. https://doi.org/10.22146/jfi.24399
Wulandari, N. & R. Vebrianto. 2017. Studi literatur pembelajaran kimia berbasis masalah ditinjau dari kemampuan menggunakan laboratorium virtual. Seminar Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIK) 9, 18–19.
Yeni, L. F., & Yokhebed. 2015. Pengembangan virtual laboratory berbasis multimedia interaktif pada mata kuliah microbiology sub materi isolasi bakteri. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 6(1), 57–67.
Yuniarti, F., P. Dewi, & R. Susanti. 2012. Pengembangan virtual laboratory sebagai media pembelajaran berbasis komputer pada materi pembiakan virus. Unnes Journal of Biology Education. 1(1), 86–94.
Yusuf, I., & Subaer. 2013. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis media laboratorium virtual pada materi dualisme gelombang partikel di SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 189–194.
Yusuf, I., S. W. Widyaningsih, & D. Purwati. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika Unversitas Papupa: Pancaran. 4(2), 189–200.