PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56549Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik; Pengembangan; Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan serta tingkat keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP berbasis Problem Based Learning Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model four-D yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop, and Disseminate. Pada penelitian ini tahapan pengembangan hanya sampai pada tahap Develop. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik wawancara, penilaian lembar validasi dan penyebaran angket kepada subjek penelitian. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan hasil data kuantitatif dianalisis melalui Uji Gregory dan perhitungan skor rata-rata. Karakteristik LKPD IPA berbasis Problem Based Learning yaitu sebagai berikut. (1) LKPD IPA dapat mengarahkan peserta didik untuk menemukan permasalahan berdasarkan fenomena yang disajikan dan dapat membuat pertanyaan berdasarkan masalah yang ditemukan. (2) Penyajian fenomena dilengkapi dengan gambar dan cerita menarik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. (3) LKPD tidak memuat prosedur kerja tetapi disusun oleh peserta didik berdasarkan contoh gambar dan tabel pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD IPA berbasis Problem Based Learning memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan koefisien sebesar 0,97. Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian guru menunjukkan skor rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat praktis sedangkan tingkat keterbacaan LKPD IPA yang dilakukan peserta didik termasuk dalam kategori sangat terbaca dengan skor rata-rata sebesar 4,3. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan sudah layak untuk diuji ke tahap pengembangan (Develop) selanjutnya.
References
Arsih, F. 2014. Keterampilan Proses Sains. Padang: UNP Press. Depdiknas. 2008. Panduan.
BSNP. 2013. Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Darmodjo, H., & Kaligis, R. E. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.
Kemendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Dalam https://kemendikbud.go.id.
Laili, U. 2014. Development of Student Worksheet Oriented to Concept Map on Chemical Bonding Matter Class X. Unesa Journal of Chemical Education, 3(2).
Lestari, O. D., Suyono. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Impuls dan Momentum. E-Journal Pendidikan Fisika, 7(1), 12-17.
Lidinillah, D. A. M. 2013. Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 17.
Mulyatiningrum, W. S., & Sudomo, J. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking (HOT) Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 7(4), 191-196.
Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA press.
Retnawati, H. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Satriana, F. R., & Hamdani, H. 2019. Remidiasi Miskonsepsi Menggunakan Model Learning Cycle 7E Pada Materi Pesawat Sederhana Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).
Setijowati. 2017. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Sukardjo. 2009. Handout evaluasi pembelajaran sains. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Wahjudi, E. 2015. Penerapan discovery learning dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar sisa kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lensa, 5(1), 1-15.
Widjajanti, E. 2008. Teknik-teknik penyusunan soal test. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf, F. 2018. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(1), 17-23.
Zumbratal, Z. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Problem Based Learning Pada Materi Keseimbangan Dan Dinamika Rotasi Di SMA Kelas XI. EduFisika.