STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI PEMBELAJARAN SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56551Keywords:
Model Discovery Learning; Pembelajaran FisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model discovery learning pada pembelajaran fisika dalam pembelajaran SMP. Penelitian artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data atau studi literatur dari jurnal nasional terhadap pembelajaran fisika SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Discovery Learning sebagai alternatif dalam pembelajaran fisika. Selain itu, Penerapan Model Pembelajarran meningkatkan pemahaman konsep fisika, meningkatkan keterampilan Peserta Didik, dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains Peserta Didik, meningkatkan hasil belajar Peserta Didik, meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar Peserta Didik, dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara Peserta Didik. Pengelolaan pembelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning sangat baik. Aktivitas Peserta Didik saat pembelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran sangat baik.
References
Agustina, M., Sesunan, F., & Ertikanto, C. 2017. Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Bojonegoro: FKIP Universitas Lampung.
Arikunto, Suhardjono, & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Depdiknas. 2005. Landasan Teori dalam Pengembangan Metode Pengajaran. Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen Direktorat Pend. Lanjutan Pertama.
Desi, L.G., Hani, I. 2020. Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Peserta Didik Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. BIOMA . 2 (2), 55.
Endang Ratna Sari, R. E., Pasaribu,M., Saehana, S. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Pokok Bahasan Kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur. Jurnal Inovasi dan Pendidikan Fisika, 19.
Handayani, Y., Marisda. H.D. Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Hypercontent Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 1 (1), 32.
Ilahi, T M.. (2012). Pembelajaran discovery strategy dan mental Vocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press
Jamil, S. 2014. Strategi Pembelajaran teori dan aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 236-237.
Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 1. No. 1, Agustus 2017
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan. IAIN Surakarta. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5 (1), 80.
Lefudin. 2017. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.
Nisa, K., & Mukhtar, T. 2022. Systematic Literature Review. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Indonesia. 7 (6), 7995.
Pianda, D., & Darmawan, J. 2018. Best Practice: Karya Guru Inovatif yang Inspiratif (Menarik Perhatian Peserta Didik). Sukabumi: CV. Jejak.
Poncojari,W., H. Husamah, & Anton, S.B. 2020. Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 5 (1), 53.
Rian Hidayat, L. H. 2019. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 7 (2). 101-102.
Rohim, F., Susanto, H., & Ellianawati, E. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–5.
Sati, L. D., Medriati. R., Rohadi. N. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Di Kelas VII.B SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1 (1), 73.
Setiawan, A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.
Subekti, Y., & Ariswan, A. 2016. Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2).
Sukmasari, P. V, Rosana. D. 2017. Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3 (1), 101-110.
Sulistyowati, N., Widodo, A. T. W. T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Chemistry in Education, 1(2), 49–55.
Suprayanti,I., Ayub. S., Rahayu. S. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (1), 35.
Uyoh, S. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Jakarta: Alfabeta.
Widiadnyana, Sadia, Suastra. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4, 11.
Zed, M. (2008) Metode Penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.