EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN HERVINA TERHADAP KARAKTER DAN LITERASI SAINS SERTA RELEVANSINYA TERHADAP KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH PENGGERAK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v13i2.67964Keywords:
Karakter; Literasi Sains; Model Pembelajaran HERVINAAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran HERVINA terhadap karakter dan literasi sains, serta relevansinya terhadap kurikulum merdeka Sekolah Penggerak. Subjek pengujian efektivitas dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Sekolah Penggerak di Kabupaten Buleleng yang jumlahnya sebanyak 158 siswa, yaitu di SMPN 1 Seririt sebanyak 58 siswa, SMPN 3 Singaraja sebanyak 50 siswa, dan SMPN 4 Sukasada sebanyak 50 siswa. Instrumen pengumpulan data karakter menggunakan kuesioner dan data literasi sains menggunakan tes literasi sains. Kedua instrumen tersebut telah memenuhi katagori valid dan reliabel. Metode analisis data untuk memperoleh hasil pengujian efektivitas dilakukan dengan analisis MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran HERVINA sangat efektif diterapkan pada sekolah penggerak dengan ES=1,86 terhadap karakter F=435,32 (p<0,05) dan literasi sains siswa F=57,50 (p<0,05).
References
Beswick, K., & Fraser, S. (2019). Developing mathematics teachers’ 21st century competence for teaching in STEM contexts. ZDM - Mathematics Education, 51(6), 955–965. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01084-2
Culclasure, B. T., Longest, K. C., & Terry, T. M. (2019). The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning SPECIAL ISSUE : UNPACKING THE ROLE OF ASSESSMENT IN PROBLEM- AND PROJECT-BASED LEARNING Project-Based Learning ( Pjbl ) in Three Southeastern Public Schools : Academic , Behavioral , and Social-Emoti. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(2), 8–30. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1842
Noor, Ady Ferdian, & Sugito. (2019). Multicultural Education Based in the Local Wisdom of Indonesia for Elementary Schools in the 21st Century. Journal of International Social Studies, 9(2), 94–106. https://eric.ed.gov/?id=EJ1236316
Siswati, Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018.
Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332
Skinner, V. J., Braunack-Mayer, A., & Winning, T. A. (2015). The purpose and value for students of PBL groups for learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 9(1), 19–32. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1499
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660
Thorndahl, K. L., & Stentoft, D. (2020). Thinking critically about critical thinking and prob-lem-based learning in higher education: A scoping review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 14(1), 1–21. https://doi.org/10.14434/ijpbl.v14i1.28773
Ülger, M., Yiğittir, S., & Ercan, O. (2014). Secondary School Teachers’ Beliefs on Character Education Competency. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 131(4310), 442–449. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.145