PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v13i3.73440Keywords:
Hasil Belajar IPAS; Model Pembelajaran KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual melalui video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas X APHP SMK Negeri 2 Bagor Tahun Ajaran 2023/2024, dengan jumlah responden 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Penelitian dinyatakan tuntas manakala hasil belajar mencapai 80% dari keseluruhan siswa, artinya apabila 26 dari 32 siswa mendapatkan hasil belajar sama dengan atau di atas KKM 70, maka penelitian dianggap berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui video pembelajaran: 1) pada pretest, siswa tuntas sebanyak 31,25% dengan nilai rata-rata 64, 2) pada postest sebanyak 84,37% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 74. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPAS kelas X SMKN 2 Bagor.
References
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021a). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72. https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/4034
Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021b). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317-326. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/442
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126-143. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886
Ardiawan, I. K. N., & Diari, K. P. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ipa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 10-16. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/1218
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/584
Fitria, Y. (2017). Efektivitas capaian kompetensi belajar siswa dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. Jurnal inovasi pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, 1(2), 34-42. http://repository.unp.ac.id/15723/
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63-73. https://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/112
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149-157. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/334
Gasong, D. (2018). Belajar Dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. CV Budi Utama.
Prastica, Y., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2021). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3260-3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327
Sari, W. N., Gustanu, P., Suprayitno, M., Etriya, R., & Aprilia, C. A. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2795-2800. https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/744
Syamsudin, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Jonggat Tahun Pelajaran 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1071
Widiantono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199-213. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/929
Winarti, S. (2022). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal Of Education Action Research, 6(2), 146-152. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/46037
Yustisio, K. P., Sudarma, I. K., & Bayu, G. W. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Video Pembelajaran Berbasis PBL Pada Tema 7 Kelas V SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/49520