PENGUATAN SIKAP RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN MANUSIA BERMUATAN NILAI ISLAM
Keywords:
Perkembangan Manusia; ReligiusAbstract
Penguatan sikap religius siswa melalui pembelajaran perkembangan manusia bermuatan nilai Islam. Jurnal, Pendidikan Profesional Guru, Universitas Prof. DR. HAMKA. Karakter religius harus ditanamkan sejak usia dini. Pembentukan karakter religius merupakan beban seluruh pendidik sehingga perlu pemahaman yang kuat terkait fase-fase perkembangan pada manusia. Pembelajaran perkembangan manusia merupakan pengenalan terhadap peserta didik akan kebesaran Allah Swt. Guru harus mampu mengintegrasikan materi pembelajaran perkembangan manusia dalam penguatan sikap religius untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode library research (kepustakaan) yang mengacu pada pengumpulan data-data melalui penelitian-penelitian terdahulu. Melalui tulisan ini dapat menambah wawasan bahwa pembelajaran perkembangan manusia dapat dijadikan media dalam penguatan karakter religius pada siswa.
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Cahyono, A. D. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pemenang-JIP, 2(2), 1-6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
Ellawati, Darihastining, S., & Sulistyowati, H. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata: Nilai Religius Dan Nilai Kerja Keras. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2). https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.9134
Erwan, Aslan, & Asyura, H. (2023). Internalisasi Budaya Religius Oleh Guru Akidah Akhlak Untuk Menumbuhkan Sikap Akhlak Mulia di MIs Bina Dharma Parit Rabu. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 488-496. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/57
Hanafi, I. (2018). Perkembangan Manusia Dalam Tinjauan Psikologi Dan Alquran. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 84-99. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.7
Hariandi, A. & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176-189. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097
Khotimah, K. (2017). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius Di SDIT Qurrota A’Yun Ponorogo. Ponorogo: Muslim Heritage.
Rivauzi, M. P. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa. Annuha Journal, 2(2), 329-341. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188
Widayanti, E. W., & Suuryanti, E. W., (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Conference: CIASTECH 2018 "Inovasi IPTEKS untuk mendukung Pembangunan Berkelanjutan". https://www.researchgate.net/publication/338644140_PENGUATAN_PENDIDIKAN_KARAKTER_BERBASIS_RELIGIUS