Pengungkapan Corporate Social Responsibility Aspek Sosial terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Risiko sebagai Pemoderasi

Authors

  • Elma Meliniawaty Universitas Kristen Satya Wacana
  • Supatmi Supatmi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.31564

Keywords:

Tanggung Jawab Sosial, Nilai Perusahaan, Manajemen Risiko,

Abstract

Nilai perusahaan yang tinggi dapat dijadikan pertimbangan investor dalam mengambil keputusan investasi. Oleh karena itu, perusahaan perlu memenuhi kebutuhan informasi keuangan dan non-keuangan kepada stakeholder, khususnya investor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Corporate Social Responsibility aspek sosial terhadap nilai perusahaan dengan manajemen risiko sebagai moderasi hubungan kausal tersebut. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Teknik sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 49 perusahaan sampel dengan menggunakan teknis analisis regresi data panel untuk pengujian hipotesis dan diolah menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukan nilai Adjusted R2untuk model 1 adalah 0,32. Hasil ini mengindikasikan bahwa 32% variasi dari nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel independen yaitu corporate social responsibility, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan, dan sisanya 68%, dan model 2 memiliki nilai Adjusted R2 sebesar 0,39. Dapat disimpulkan Corporate Social Responsibility aspek sosial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan manajemen risiko terbukti memoderasi secara parsial hubungan kausal tersebut.

References

Aryawan, M., Rahyuda, I. K., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan) terhadap Citra Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(2), 604–633.

Balipost. (2018). Kimia Farma Berbagi Kasih dengan Pengungsi Gunung Agung. Balipost.

Baxter, D., & Vermeulen, P. (2013). Intelligent ERM: Evolving risk management. Journal of Financial Perspectives, 1(3), 19–27.

Chahal, H., & Sharma, R. D. (2006). Implications of corporate social responsibility on marketing performance: A conceptual framework. Journal of Services Research, 6(1), 2–5.

Cristofel, & Kuniawati. (2021). Pengaruh Enterprise Risk Management, Corporate Social Responsibilty dan Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntasi Bisnis, 14(1). https://doi.org/10.30813/jab.v14i1.2468.

Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643.

Fajriana, A., & Priantinah, D. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Nominal, 5(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v5i2.11721.

Febyani, P. A. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Risiko sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan dan Energi yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2010-2013. Jurnal Akuntansi Manajerial, 1(2), 46–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Firmansyah, D., Surasni, N. K., & Pancawati, S. (2020). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 30(1), 163. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i01.p12.

Florio, C., & Leoni, G. (2017). Enterprise Risk Management and Firm Performance: The Italian Case. British Accounting Review, 49(1), 56–74. https://doi.org/10.1016/j.bar.2016.08.003

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education Limited.

Handayani, B. D. (2017). Mekanisme Corporate Governance, Enterprise Risk Management, dan Nilai Perusahaan Perbankan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 70–81. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1228.

Hoyt, R. E., & Liebenberg, A. P. (2011). The Value of Enterprise Risk Management. Journal of Risk and Insurance, 78(4), 795–822. https://doi.org/10.1111/j.1539-6975.2011.01413.x.

Liu, X., & Zhang, C. (2017). Corporate Governance, Social Responsibility Information Disclosure, and Enterprise Value in China. Journal of Cleaner Production, 142, 1075–1084. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.09.102.

Mariani, D., & Suryani. (2018). Pengaruh Enterprise Risk Management Disclosure, Intellectual Capital Disclosure dan Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(2). https://doi.org/10.20961/ge.v4i1.19180.

Michelon, G., Pilonato, S., & Ricceri, F. (2015). CSR Reporting Practices and The Quality of Disclosure: An Empirical Analysis. Critical Perspectives on Accounting, 33, 59–78. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2014.10.003.

Octoriawan, A., & Rusliati, E. (2019). Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Moderasi Ukuran Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 11(2), 60–68. http://52.221.78.156/index.php/jrak/article/view/2771/1252.

Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195.

Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(1), 56–69. https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i01.p06.

Silva, J. R., Silva, A. F. da, & Chan, B. L. (2018). Enterprise Risk Management and Firm Value: Evidence from Brazil. Emerging Markets Finance and Trade, 55(3), 687–703. https://doi.org/10.1080/1540496X.2018.1460723.

Wijaya, H. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan (Survei pada Masyarakat Penerima Program CSR PT. PINDAD (Persero) di Kelurahan Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 19(1), 85487. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/771/957.

Winarno, W. W. (2015). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan EViews. UPP STIM YKPN.

Wirawan, A. W., Falah, L. J., Kusumadewi, L., Adhariani, D., & Djakman, C. D. (2020). The Effect of Corporate Social Responsibility Disclosure to Firm Value with Risk Management as Moderating Variable. Journal of Asia-Pacific Business. https://doi.org/10.1080/10599231.2020.1745051.

Wulandari, N., & Wiksuana, I. (2017a). Peranan Corporate Social Responsibility dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 186–255. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/1173/1145.

Wulandari, N., & Wiksuana, I. (2017b). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 255186. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/1173/1145.

Downloads

Published

2021-06-13

Issue

Section

Articles