Green Marketing dan CSR Terhadap Keputusan Pembelian dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33141Keywords:
Green Marketing, Corporate Social Responsibility, Pengetahuan Konsumen, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis green marketing dan CSR terhadap keputusan pembelian dengan pengetahuan konsumen sebagai variabel moderasi pada konsumen generasi milenial di swalayan Super Indo Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner online. Pengambilan kuesioner dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebesar 200 responden. Penelitian dilakukan dengan metode analisis regresi berganda dan diuji menggunakan SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa green marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan CSR berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pengujian dengan moderasi mendapatkan hasil variabel pengetahuan konsumen tidak dapat memperkuat atau memperlemah green marketing dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Namun, hasil moderasi variabel pengetahuan konsumen memperlemah pengaruh corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian.References
Ahmad, F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2016). Analisis Green Product dan Green Marketing Strategy terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop di Manado Town Square. Emba, 4(1), 33–44. https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.11557.
Asrianto Balawera. (2013). Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik Di Freshmart Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 2117–2129. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.3421.
Byrne, M. (2003). Green Ps : Understanding Consumer Preferences Across Environmental Marketing Mix Variations. OIKOS PHD SUMMER ACADEMY 2001.
Desanto, T. M. J., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2018). Analisis Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Aqua Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 1898–1907. https://doi.org//10.35794/emba.v6i4.20911.
Eka, N. D., Farida, N., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility , Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Corporate Image Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Pengguna Produk Tolak Angin PT Sidomuncul Di Kelurahan Tembalang Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politics, 2(1), 1–8. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/3117.
Entrepreneur. (2014). Super Indo Luncurkan Green Shopping - Entrepreneur Bisnis.
Junaedi, M. F. S. (2005). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Pada Niat Beli Produk Hijau : Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 189–201. http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/download/1210/775.
Kadir, A., Basri, M., & Rodi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Nilai, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Tangga Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kendari. Journal Publicuho, 1(1), 28. https://doi.org/10.35817/jpu.v1i1.7297.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran Jilid 2 (13th ed.). Erlangga.
Lestari, R. B., & Kardinal. (2018). Minat Beli Produk Hijau pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 9(2), 117–124. https://doi.org/10.35908/jiegmk.v9i2.542.
Mandaika, Y., & Salim, H. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan, Tipe Industri, Dan Financial Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 8(2), 181–201. https://doi.org/10.25170/jara.v8i2.18.
Nurhayati, Gozali, I., & Putranti, H. R. D. (2016). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. MEDIA EKONOMI DAN MANAJEMEN, 31(2), 129–143. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/download/427/482.
Palwa, A. (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Minat Beli (Studi Pada Pelanggan The Body Shop di Plaza Ambarkumo Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197.
Rachmawati, A. (2020). Pengaruh Religiusitas , Consumer Knowledge dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Bank Syariah. Tasyri’: Jurnal Mu’amalah Dan Ekonomi Syari’ah, 2(1), 52–70. http://ojs.staisdharma.ac.id/index.php/tjmes/article/view/14.
Rahayu, L., Abdillah, Y., & Mawardi, M. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusa Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 43(1), 121–131. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1705.
Rudito, B., Budimanta, A., & Prasetijo, A. (2004). Corporate Social Responsibility: Jawaban Bagi Model Pembangunan Indonesia Masa Kini. Indonesia Center for Sustainable Development.
Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green packaging, green product, green advertising, persepsi, dan minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147.
Sari, K. N., Fathoni, A., & Hasionaln, L. B. (2016). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility, Perceived Quality Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Teh Javana Di Kelurahan Palebon Kota Semarang). Journal Of Management, 2(2), 1–12. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/562/547.
Satria, R. D. (2018). Pengaruh Green Marketing Dan Customer Experience Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Starbucks Coffee Di Kota Pontianak). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–18. https://doi.org//10.26418/ejme.v7i2.30340.
Septifani, R., Achmadi, F., & Santoso, I. (2014). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), 201–218. https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.2.6.
Setiawan, E. (2015). Pemasaran Hijau Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Liquidity, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.32546/lq.v4i1.83.
Shaputra, R. K. (2013). Penerapan Green Marketing Pada Bisnis Produk Kosmetik. Jurnal JIBEKA, 7(Green Marketing), 7.
Suki, N. M. (2013). Green awareness effects on consumers’ purchasing decision: Some insights from Malaysia. International Journal of Asia-Pacific Studies, 9(2), 49–63. https://core.ac.uk/download/pdf/158571248.pdf.
Super Indo. (2017). Tentang Kami | Super Indo - Lebih Segar, Lebih Hemat, Lebih Dekat.
Syahbandi. (2012). Implementasi Green Marketing Melalui Pendekatan Marketing MIX , Demografi Dan Pengetahuan Terhadap Pilihan Konsumen ( Studi The Body Shop Pontianak ). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 68–86. https://www.neliti.com/publications/10498/implementasi-green-marketing-melalui-pendekatan-marketing-mix-demografi-dan-peng.
Widelia, K., Yusiana, R., & Widodo, A. (2016). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unilever ( Studi Kasus Masyarakat Kota Bandung ). ECODEMICA, 3(2), 539–550. https://doi.org/10.23917/benefit.v19i2.2316.
Wiyadi. (2015). Pengaruh Implementasi Strategi Pemasaran Hijau dan Konsumen Terhadap Pilihan Produk (Studi Empiris Pada Konsumen AMDK Di Surakarta). BENEFIT Junal Managemen Dan Bisnis, 19(2), 168–180. http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/2316.
Wulandari, N. G. A. N., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Analisis Pengaruh Green Marketing, Store Atmosphere, dan Esteem Neeeds Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tebasari Bali Argrotourism Ubud. Jurnal EMAS, 2(4), 92–103. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/2089/1681.
Zaky, M. H., & Purnami, N. M. (2020). Green Marketing Mix Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk Big Tree Farms Di Lotus Food Services. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 678. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)