Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Frozen Food Dengan Variabel Moderasi Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33287Keywords:
Pemasaran Online, Minat Beli, Perilaku Konsumen saat Pandemi COVID-19.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran online terhadap minat beli frozen food yang dimoderasi dengan variabel perilaku konsumen saat pandemi COVID-19 khususnya pada masyarakat kota Salatiga. Pada penelitian ini terdapat dua hipotesis yang akan diuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner online. Pengambilan kuesioner dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebesar 120 responden. Dalam pengujiannya, penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan alat uji Aplikasi SPSS. Namun, hasil pengujian menunjukkan bahwa pemasaran online berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Pengujian moderasi mendapatkan hasil variabel perilaku konsumen memperlemah hubungan variabel pemasaran online terhadap minat beli.
References
Andayana, M. N. D. (2020). Perubahan Prilaku Konsumen Dan Eksistensi Umkm Di Era Pandemi Covid-19. Glory: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(2), 39–50. http://ejurnal.undana.ac.id/glory/article/view/3372.
Apriliani, N. E., & Kusumastuti, A. E. (2019). Pengaruh Promosi terhadap Minat Beli pada Wuling Motors dengan Kesadaran Merek sebagai Variabel Mediasi. 333–340.
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342.
Claudia, M., Anisah, H. U., & Prihatiningrum, R. Y. (2019). PKM peningkatan kemampuan “pemasaran online” bagi komunitas perempuan di rumah kreatif Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(April), 86–93. http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-abdimas/article/view/293/294.
Dwianto, A. G., Iqbal, M., & Alfisyahr, R. (2018). Analisis Dampak Pemasaran di Media Sosial Online Terhadap Citra Merek, Minat Beli Konsumen, dan Net Promoter Score (Pendekatan Eksperimental Virtual Brand Following pada aplikasi Instagram produk Fast Moving Consumer Goods @erigostore pada Mahasiswa S1 Un. Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 91–99.
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Handayani, & Ida, M. (2017). Online Marketing Memoderasi Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk Sulam Pita Terhadap Minat Beli Konsumen. PROCEEDINGS, 1(1), 1–21. http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/view/246.
Harahap, S. S. (2020). Teknik Korelasi dan Kolmogorov Smirnov dalam Menganalisis Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Peningkatan Kemampuan Menulis KTI Pada Widyaiswara. Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik Dan Inovasi, 07, 45–52.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan WEB dan Harga Terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable pada E-Commerce Shopee. 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35.
Jati, W., & Yuliansyah, H. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store ). 1(1), 127–138.
Kotler, & Keller. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran.
Kurniawati, D. (2013). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa.
Laela, T. D. F. (2015). Jurnal ekono logi ISSN 2355-6099 131. 2, 131–134. 2, 131–134.
Lestari, P. (2020). Pengaruh Likuiditas, Der, Firm Size, Dan Asset Turnover Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 1. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.3843.
Neldawati, N. (2020). Deskripsi Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 01–07. https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.12.
Salam, M. A. K. (2020). Perilaku Produksi di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 dan Memanfaatkan Media Online Facebook Sebagai Alternatif Pasar. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1–21. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6834.
Yusup, D. K., Badriyah, M., Suyandi, D., & Asih, V. S. (2020). Pengaruh Bencana Covid-19 , Pembatasan Sosial , dan Sistem Pemasaran Online Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Retail.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)