Electronic Word of Mouth, Promosi Melalui Media Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33320Keywords:
Electronic Word of Mouth, Promosi, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Bisnis kafe dengan konsep kedai kopi menjadi tren bisnis baru di kalangan pebisnis, strategi pemasaran yang baik untuk menjaga kelangsungan bisnis dan mempertahankan konsumen terutama dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel e-WOM, promosi melalui media sosial Instagram, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling melalui kuesioner. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data digunakan adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu menguji asumsi klasik. Berdasarkan nilai t-hitung sebesar 4,224 dan t-tabel 1,984 sehingga dapat disimpulkam bahwa 4,224 > 1,984 serta diperoleh signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM, promosi melalui media sosial Instagram, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.References
Akbar, M. J. C., & Sunarti. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(3), 45–51. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2531/2922.
Aliyah, K. A. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. 3(1), 87. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Antoni Prasetyo, A. W. (2016). Pengaruh Strategi Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada KopiGanes. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/383/392.
Damayanti, Y. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2(1), 31–45. https://doi.org/10.15642/manova.v2i1.354.
Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar the Influence of Product Promotion Through Social Media Instagram Towards Purchasing Decision in Saka Bistro & Bar. Universitas Telkom, 4(1), 175–179. https://doi.org/10.33366/jisip.v7i2.1433.
Filus Fredik, T., & Indra Dewi, S. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Jisip, 7(2), 84. https://doi.org//10.33366/jisip.v7i2.1433.
Fitri, R. A. (2018). Pengaruh Akun Instagram Kuliner Lampung Sebagai Media Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner Di Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009.
Handayani, & Ida, M. (2017). Online Marketing Memoderasi Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk Sulam Pita Terhadap Minat Beli Konsumen. PROCEEDINGS, 1(1), 1–21. http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/view/246.
Hendriyati, L., & Santoso, I. B. (2021). Strategi Pemasaran Food and Beverage untuk Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19 di Cavinton Hotel Yogyakarta Indonesia. Journal of Tourism and Economic, 4(1), 60–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36594/jtec.v4i1.111.
Ishak, A. M., & Yuniati, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk , Brand Trust , Harga Dan Word of Mouth Terhadap Pembelian Coffee Beer. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593.
Kartika, D. M., & Syahputra. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Ecodemia, 1(2), 162–171.
Khoiro, F., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Warung Siji House And Resto Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 140–153.
Laila, E. J., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik QTA Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06, 1–9.
Lestari, I., & Hamid, S. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Kembali Layanan Transportasi Online Di Era Pandemi COVID-19. Equilibrium, 9(1), 27–35.
Munawwaroh, P. R. (2013). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata ke Siak Sri Indrapura. Jom Fisip, 5(1), 1–13. https://www.neliti.com/publications/199786/pengaruh-terpaan-media-pada-akun-instagram-exploresiak-terhadap-minat-kunjungan#cite.
Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 20(April), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.
Pangastuti, J., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197.
Pradhana, A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Gadget (Telepon Pintar) (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis FISIP UNILA). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Prasetyo, F. E. (2018). Pengaruh Desain Website, Reputasi Vendor, Persepsi Kemudahan Transaksi dan Sikap Belanja Online Terhadap Keputusan Pembelian. 2. https://doi.org/10.20961/ge.v4i1.19180.
Putri, C. M., & Supatmi, S. (2020). Pengaruh Dewan Terkoneksi Politik terhadap Tingkat Simpanan, Tingkat Kredit dan Risiko Kredit Perbankan di Indonesia. JPPSH, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i2.31587.
Putro, A. S. (2018). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Bandeng Pak Elan 2 Gresik. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(10), 1–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1772/1781.
Santosa, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Zenbu-House of Mozaru Paris Van Java, Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148–158. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1613.
Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green packaging, green product, green advertising, persepsi, dan minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147.
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 96–106. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmmd/article/view/968/615.
Sejati, B. S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/567/576.
Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.28.
Utami, D. W., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Cafe Roti Gempol Dan Kopi Anjis Bandung. E-Proceeding of Management, 3(2), 2015. https://doi.org/10.1128/EC.00411-07.
Wicaksono, A. M. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. Jom Fisip, 4(2), 1–13. https://www.neliti.com/publications/183848/pengaruh-media-sosial-instagram-wisatadakwahokura-terhadap-minat-berkunjung-foll.
Yolanda, A. L., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth Dan Kepuasan Layanan Terhadap Pembelian Mobil. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(12), 1–18. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1419/1435.
Yuana, D. (2018). Pengaruh Harga , Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(12).
Yuana, D., & Wahyuati, A. (2018). Pengaruh Harga, Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(12). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/237.
Yulianty, P. D., & Mauludy, A. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Varian Bedak ( Studi Penelitian Pelanggan Wardah Beauty Konter Majalengka). Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, XIV(2), 252–261.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)