Media Sosial Instagram Dan Website Terhadap Minat Kunjung Wisatawan

Authors

  • Cahyono Aji Universitas Kristen Satya Wacana
  • Roos Kities Andadari Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33774

Keywords:

Instagram, Website, Interest In Visiting

Abstract

Fenomena yang terjadi saat ini adalah terjadinya perubahan terhadap aktifitas kehidupan manusia yang mengarah pada hal-hal yang serba digital. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian ini, sehingga tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel media sosial instagram dan website terhadap minat kunjung wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif data primer berupa kuesioner yang didistribusikan menggunakan google form. Sampel yang digunakan sebesar 150 responden yang memiliki niat untuk melakukan kunjungan ke wisata Malioboro. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda yang diolah dengan program software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi masing-masing variabel adalah sama sebesar 0.000 < 0.05.  Determinasi (R2) sebesar 0.366, artinya variabel independent penelitian mampu menjelaskan hubungan terhadap variabel dependen sebesar 36.6% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. sehingga dapat disimpulkan bahwa media sosial instagram dan website berpengaruh terhadap minat kunjung wisatawan.

References

Alim Irhamna, S. (2018). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Objek Wisata Di Dieng Kabupaten Wonosobo. Economics Development Analysis Journal, 6(3), 320–327. Https://Doi.Org/10.15294/Edaj.V6i3.22277.

APJI. (2018). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Teknopreuner.

Apriyani, R., Marina, M., & Wiralaga, H. R. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Pada Objek Wisata Gua Harimau Di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal AKTUAL, 16(1), 67. Https://Doi.Org/10.47232/Aktual.V16i1.7.

Apriyanto, A. (2019). Pengaruh Perceived Quality Website Terhadap Minat Berkunjung Ke Taman Wisata Matahari. Jurnal Industri Pariwisata, 1(2), 148–169. Https://Doi.Org/10.36441/Pariwisata.V1i2.24.

Arief Kurniawan, M., Tisnawati, E., & Yuliza, E. (2018). Status Dan Peran Malioboro Mall Sebagai Objek Wisata Belanja Di Kawasan Malioboro Yogyakarta. INERSIA: Lnformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil Dan Arsitektur, 14(1), 75–89. Https://Doi.Org/10.21831/Inersia.V14i1.19496.

Arisondha, A. T. N. (2002). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI TAMAN GEOPARK KABUPATEN MERANGIN. System.

Azman, H. A., & Elsandra, Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Berulang Wisatawan Milenial Ke Bukittinggi. AMAR (Andalas Management Review), 4(1), 1–17. Https://Doi.Org/10.25077/Amar.4.1.1-17.2020.

Baharuddin, A., Kasmita, M., & Salam, R. (2017). Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Daya Tarik Wisata Malioboro Kota Yogyakarta. Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 107. Https://Doi.Org/10.26858/Ja.V3i2.2571.

Berliana. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Terhadap Produk Nurayya Sampo Dandruff Tanpa Kandungan SLS. Jurnal Tata …, 09(2), 51–59. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Tata-Rias/Article/View/33580.

Budiarti, F., & Mahadi, K. (2015). Strategi Penataan Kawasan Malioboro Menjadi Kawasan Pedestrian. Planesa, 6(01), 51–59.

Diandra. (2017). Pemerintah Ingin Media Sosial Dimanfaatkan Untuk Hal Produktif.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS21 (Edisi Tuju). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, W. (2019). Menggali Potensi Kampung Wisata Di Kota Yogyakarta Sebagai Daya Tarik Wisatawan. Journal Of Tourism And Economic, 2(2), 129–139. Https://Doi.Org/10.36594/Jtec.V2i2.39.

Hidayah, D. K., & Syahputra. (2017). Pengaruh Usability Pada Kualitas Website Menggunakan Scanmic Model Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang). Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 21–35. Http://Www.Jameb.Stimlasharanjaya.Ac.Id/JAMEB/Article/View/22/3.

Koh, W. C., Naing, L., & Wong, J. (2020). Estimating The Impact Of Physical Distancing Measures In Containing COVID-19: An Empirical Analysis. International Journal Of Infectious Diseases, 100, 42–49. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijid.2020.08.026.

Kurniawan, D. (2008). Regresi Linier. Statistic, 1–6.

Munawwaroh, P. R. (2013). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @Exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata Ke Siak Sri Indrapura. Jom Fisip, 5(1), 1–13. Https://Www.Neliti.Com/Publications/199786/Pengaruh-Terpaan-Media-Pada-Akun-Instagram-Exploresiak-Terhadap-Minat-Kunjungan#Cite.

Ningrum, D. P. (2019). Seniman Jalanan Malioboro Sebagai Dayatarik Wisatawan Milenial ( Studi Aisdalslove Pada Akun @ Nolkmkustik ). Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 1(2), 105–117. Https://Doi.Org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.390.

Nugraha, D. Y., & Sudirman, I. D. (2019). Does The Quality Of Indonesian Tourism Website Influence Foreign Tourist Decision To Visit Indonesia? International Journal Of Recent Technology And Engineering, 8(4), 5719–5724. Https://Doi.Org/10.35940/Ijrte.D8468.118419.

Putra, I., Rizky, A., & Yulia, P. (2017). Malioboro As Soul Of Yogyakarta City : Tourist Perception About Malioboro District. UIA 2017 Seoul World Architects Congress, 2–6. Http://Www.Uia2017seoul.Org/P/Papers/Full_Paper/Paper/Poster/P-0701.Pdf.

Sadana, A. S. (2016). Peran Citra Visual Terhadap Daya Tarik Kawasan Wisata Malioboro. Temu Ilmiah IPLBI, 2, 1–6.

Saifuddin, M. N., & Qomarun, Q. (2020). Pengaruh Kondisi Jalur Pedestrian Dan Street Furniture Di Jalan Malioboro Terhadap Kenyamanan Ruang Publik. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 16(1), 6–11. Https://Doi.Org/10.23917/Sinektika.V16i1.10466.

Saraswati, T. (2019). Perspektif Jalan Malioboro Di Yogyakarta Pada Era Revolusi Industri 4.0. SPACE, 6(2), 187–200. Https://Ojs.Unud.Ac.Id/Index.Php/Ruang/Article/Download/53847/31939.

Sekaran, U. (2006). Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis) (Edisi Empa). Salemba Empat.

Septiana, A. D. (2018). Pesona Malioboro Sebagai Daya Tarik Wisata Andalan Di Yogyakarta. Domestic Case Study, 1–8. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Nct43.

Sholikha, E. A., & Sunarti. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Followers (Survei Pada Followers Akun Instagram @Batuflowergarden.Cobanrais). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 70(1), 11–18. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/2809.

Soebagyo, S. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Di Indonesia. Liquidity, 1(2), 153–158. Https://Doi.Org/10.32546/Lq.V1i2.145.

Supramono, & Haryanto, J. O. (2005). Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran (Edisi Pert). Andi.

Susetyarini, O., & Masjhoer, J. M. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum, Prasarana Umum, Dan Fasilitas Pariwisata Di Malioboro Pasca Revitalisasi Kawasan. Jurnal Kepariwisataan, 12(1), 41–54. Https://D1wqtxts1xzle7.Cloudfront.Net/56474296/Jurnal_Pengukuran_Tingkat_Kepuasan_Wisatawan_Terhadap_Fasilitas_Umum_Oktari__Jussac.Pdf?1525267344=&Response-Content-Disposition=Inline%3B+Filename%3DPENGUKURAN_TINGKAT_KEPUASAN_WISATAWAN_TE.Pdf&Expires=15991.

Wicaksono, M. A., & Rumyeni. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. Jom Fisip. Https://Www.Neliti.Com/Publications/183848/Pengaruh-Media-Sosial-Instagram-Wisatadakwahokura-Terhadap-Minat-Berkunjung-Foll.

Downloads

Published

2021-06-13

Issue

Section

Articles