Nilai Hedonis, Kualitas Layanan, dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Kuota Internet Indosat di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.34294Keywords:
Hedonis, Kualitas, Promosi, Loyalitas KonsumenAbstract
Pemerintah Indonesia memberikan kebijakan “New Normal” selama pandemi Covid-19 dengan meminimalkan interaksi secara langsung dengan masyarakat lain yang mengharuskan dilakukan secara online. Hal ini mengakibatkan penggunaan internet yang terus meningkat dan persaingan di bidang telekomunikasi semakin ketat. Setiap perusahaan akan meningkatkan standar pelayanan untuk meningkatnya loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji nilai hedonis, kualitas layanan, dan promosi terhadap loyalitas konsumen kuota internet Indosat di era new normal pada pengguna kuota internet indosat di kota salatiga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tiga variable bebas nilai hedonis, kualitas layanan, dan promosi serta variable terikat loyalitas konsumen, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 100 responden pengguna kuota internet indosat di kota salatiga. Teknik sampling adalah non –probability sampling, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan variable nilai hedonis lebih besar pengaruhnya dibandingkan variable kualitas layanan dan promosi. Hasil ini menunjukkan konsumen memiliki orientasi terhadap nilai hedonis yang telah dilakukan pada penggunaan kuota internet indosat dibandingkan kualitas layanan dan promosi.References
Anggia, T. R., Kawet, L., & Ogi, I. (2015). Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post. Jurnal EMBA, 3(2), 1041–1050. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9283.
Darmawan, P. A. D. T., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Kepuasan Konsumen Memediasi Harga terhadap Loyalitas Konsumen dalam Berbelanja pada Florist Online di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 2076–2104. https://ocs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/27970.
Dewi, P. S. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). Membangun Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan yang Dipengaruhi oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek (Studi pada Produk Smartphone Merek Oppo). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(Agustus), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2018.v12.i02.p01.
Diana, N., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2017). Analisis Pengaruh Strategi Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Koran Radar Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2367–2377. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16638.
Evi Husniati Sya’idah, & Jauhari, T. (2018). Pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas Pelanggan. 2(1), 227–249.
Fallefi, M. R., & Siregar, M. R. (2018). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonis Terhadap Perpindahan Merek Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Perpindahan Merek Dari Smartphone Lain Ke Iphone Pada Mahasiswa Di Lingkungan Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 143–154. https://doi.org/10.24815/jimen.v3i3.8213.
Hendra, T., Djawahir, A. H., & Djazuli, A. (2017). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan, Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Giant Supermarket Sawojajar , Kota Malang ). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 129–141. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1694.
Hermawan, H. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.17509/jaset.v3i2.8918.
Husna, M., & Lubis, P. H. (2019). Pengaruh Motivasi Utilitarian dan Motivasi Hedonis Kepuasan Pelanggan Pada Pengunjung Sport Station Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 230–244. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/908.
Jacklin, M. P. R., Mandey, S., & Tampenawas, J. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departmen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 7(Januari), 431–440. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22384.
Kadir, A., Basri, M., & Rodi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Nilai, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Tangga Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kendari. Journal Publicuho, 1(1), 28. https://doi.org/10.35817/jpu.v1i1.7297.
Kusmarini, R. A., Sumarwan, U., & Simanjuntak, M. (2020). The Effect of Atmosphere Perception, Perceived Value, and Hedonic Value on Consumer Loyalty Through the Service Quality of Warunk Upnormal. Journal of Business and Entrepreneurship, 6(1), 53–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17358/IJBE.6.1.53.
Kusumadewi, R. (2019). Pengaruh Kreasi Nilai: Function/Instrumental Value, Experiental/ Hedonic Value, Symbolic/ Expressive Value dan Cost/Sacrefice Value terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.24235/amwal.v7i1.216.
Liman, P. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Minyak Goreng Kemasan Cv.Indo Sari Abadi. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(6), 95–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v3i2.735.
Pramana, R. I., & Sukresna, I. M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi atas Harga terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Bus Pariwisata PO Jaya Indah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13960.
Samirna, I., & Zuhra, S. E. (2016). Pengaruh Nilai Belanja Hedonis dan Utilitarian terhadap Loyalitas Destinasi Wisata dengan Kepuasan Belanja secara Keseluruhan sebagai Variabel Mediasi pada Destinasi Wisata Kota Sabang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 110–125. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimen.v1i1.65.
Sapitri, E., Sampurno, S., & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.150.
Saraswati, A. R., & Rahyuda, K. (2017). Brand Image Memediasi Kualitas Produk dan Harga dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(6), 3252–3282.
Sinaga, K., & Novianti, R. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Konsumen Produk Pasta Gigi Pepsodent. Management & Accounting Research Journal Global, 1(1), 1–11.
Situmorang, R. R. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Hotel Dyan Graha Pekanbaru). Jom Fisip, 4(2), 1–12.
Somba, W. E., Sunaryo, S., & Mugiono, M. (2018). Pengaruh Nilai Hedonis Dan Nilai Utilitarian Terhadap Behavioral Intention, Dengan Word Of Mouth (Wom) Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 82–92. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i1.2071.
Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen. Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati, 1(1), 41–52. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm.
Sulistiyanto, & Soliha, E. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Perusahaan dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Apotek “Dela” di Semarang. Simposium Prosiding Seminar Nasional and Call For Paper Kinerja Perbankan, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia Menghadapi ASEAN Economic Community 2015, 25-30 Oktober 2016.
Suratno, S. (2016). Pengaruh Service Quality terhadap Customer Value, Trust dan Loyalitas Pengguna Jasa Pt. Jasa Raharja (Persero) Jakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 40–53.
Susanti, D. N., & Riptiono, S. (2019). Pengaruh Customer Experience , Utilitarian Benefit dan Hedonic Benefit Terhadap Intention to Recommended Melalui Customer Satisfaction. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(Agustus), 194–203. https://doi.org/ 10.24843/MATRIK:JMBK.2019.v13.i02.p07 SINTA.
Wardhana, E. (2019). Pengaruh Nilai Utilitarian, Nilai Hedonis, Pengalaman Pelanggan, Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Sonny Vaio. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 20(2). https://doi.org/10.35137/jei.v20i2.312.
Widanti, R., Marlien, R. ., & Kasmari. (2019). Pengaruh Nilai Hedonik Dan Nilai Utilitarian Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Telepon Genggam Merek Samsung Di Kota Salatiga). Proceeding Seminar Nasional Dan Call for Paper Syariah Paper, September, 284–290.
Zahara, R. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.121.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)