Gaya Kepemimpinan General Manager terhadap Loyalitas Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i1.34574Keywords:
Gaya Kepemimpinan General Manager, LoyalitasAbstract
Masih banyak terlihat karyawan kurang memiliki kemauan untuk bekerja sama. Jika karyawan memiliki rasa kemauan bekerja sama maka akan memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan yang tidak mungkin dicapai secara individual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis gaya kepemimpinan General Manager yang berdampak pada loyalitas karyawan. Penelitian menggunakan jenis data kuantitatif dan metode asosiatif. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas. Pengujian hipotesis digunakan uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data dari 72 sampel, dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20.00 diketahui bahwa variabel gaya kepemimpinang general manager (X) secara keseluruhan menunjukkan persentase 62% pada rentang ≥ 56 dengan kategori sangat baik. Variabel loyalitas karyawan (Y) secara keseluruhan menunjukkan persentase 51,4% pada rentang ≥ 72 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa hasil uji regresi linear sederhana didapatkan nilai F hitung 4,100 dan signifikan 0,047>0,05 yaitu variabel gaya kepemimpinan general manager (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel loyalitas karyawan (Y), maka Ha diterima. Kemudian koefisein determinasi diperoleh R Square 0,055, artinya kontribusi variabel gaya kepemimpinan general manager terhadap variabel loyalitas karyawan (Y) sebanyak 5,5% sedangkan 94,5% ditentukan oleh faktor lain. Maka, terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan general manager terhadap loyalitas karyawan.
References
Ariyani, R. I. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Loyalitas Karyawan terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Islam Hidayatullah Yogyakarta. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2), 136 – 142. https://doi.org/10.18196/jmmr.5118.
Armelsa, D., & Mutiah, T. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 95–99.
Avilla, G. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Keadilan Organisasi, dan Reaksi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 10(1), 129 – 140. https://doi.org/10.25105/jmpj.v10i1.1670.
Cahyadi, B. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4141.
Citra, L. M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Loyalitas Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 214–225. https://doi.org/10.30596%2Fmaneggio.v2i2.3776.
Faustyna, & Jumani. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1). https://doi.org/10.30596/jimb.v15i1.970.
Ferry, L., & Ahrens, T. (2016). Leadership Style and Job Satisfaction in Higher Education Institutions. International Journal of Educational Management, 30, 140–164.
Filatrovi, E. W., Kurniawati, N. I., & Setiyono, T. A. (2021). Mengelola Kinerja Karyawan Bank Syariah di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Islamic Work Ethics. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 1140–1146. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2744.
Gandung, M., & Suwanto, S. (2020). Analisis Pengaruh Kompensasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Surya Rasa Loka Jaya di Jakarta Barat. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 236 – 245. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v3i3.4861.
Gaya, P., & Terhadap, K. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(2), 128–134. http://jurnal.stienisel.ac.id/index.php/jim/article/view/230.
Intan Mar’atu Solihat, F. P. S. (2020). The Effect of Leadership Style on Work Motivation in Teachers of Sman 3. 7(1), 320–327.
Jannah, N. A., Sazly, S., & Kartawijaya, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Kerja pada Kantor Unit PTSP Kota Administrasi Jakarta Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 9–18. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/299.
Jayanti, K. T., & Wati, L. N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Karyawan. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(1), 71–88. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25518.93-100.
Nindyati, A. D. (2017). Pemaknaan loyalitas Karyawan pada Generasi X dan Generasi Y (Studi Pada Karyawan di Indonesia). Journal of Psychological Science and Profession, 1(3), 59–66. https://doi.org/10.24198/jpsp.v1i3.15230.
Nugraha, A., & Tjahjawati, S. S. (2018). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(3), 24. https://doi.org/10.35697/jrbi.v3i3.942.
Nur, M., Nurkaidah, N., & Nonci, N. (2020). Gaya Kepemimpinan dan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Majene. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(1), 24–31. https://journal.unibos.ac.id/paradigma/article/view/107.
Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613.
Prabowo, A. N. (2019). Analisis Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada CV RESTU Kota Banjar). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen Daulat Rakyat URNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN DAULAT RAKYAT, 3(1), 43 – 53. https://doi.org/10.26460/mmud.v3i1.4322.
Saputra, A., Bagia, I. W., Yulianthini, N. N., & SE, M. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6730.
Suherman, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Selaras Karya Raya Jakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v2i1.1932.
Sukirman, S. (2016). Pengembangan Kewirausahaan Melalui Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 135. https://doi.org/10.24914/jeb.v17i1.243.
Suratno, S. (2016). Pengaruh Service Quality terhadap Customer Value, Trust dan Loyalitas Pengguna Jasa PT Jasa Raharja (Persero) Jakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 40–53.
Tolu, A., Mamentu, M., & Rumawas, W. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1), 7–13. https://doi.org/10.35797/jab.11.1.2021.33535.7-13.
Torlak, N. G., & Kuzey, C. (2019). Leadership, Job Satisfaction and Performance Links in Private Education Institutes of Pakistan. International Journal of Productivity and Performance Management, 68(2), 276–295. https://doi.org/10.1108/IJPPM-05-2018-0182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yolanda Melsi, Lise Asnur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)