Semiotika Pada Film Rumput Tetangga Karya Guntur Soeharjanto
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.47257Keywords:
Semiotika, FilmAbstract
Film sebagai sebuah karya sastra mengandung berbagai makna baik dalam bentuk ikon, indeks, ataupun simbol. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang menganalis semiotika dalam film Indonesia yang berjudul Rumput Tetangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk menguraikan tanda dalam semiotika Charles Sanders Pierce yang meliputi ikon, indeks, dan simbol pada film Rumput Tetangga. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah video film Rumput Tetangga karya Guntur Soehardjanto yang diunduh melalui internet. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis konten, yang berusaha menganalisis dokumen untuk diketahui isi dan makna yang terkandung dalam dokumen tersebut. Macam dokumen antara lain karangan tertulis, gambar, grafik, lukisan, kartun, bografi, fotografi, laporan, buku teks, surat kabar, film, drama, buku harian, majalah, bulletin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tanda-tanda sinematik atau film yang signifikan dan bersifat struktural dalam film Rumput Tetangga. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan adanya kajian semiotika makna dari ikon, indeks, dan simbol dalam film dapat dipahami dengan baik.
References
Agustin, A., Sila, I. N., & Hardiman. (2021). Analisis Semiotika Video Musik BTS dalam Album Map Of The Soul. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 11(3), 169–177. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v11i3.40520.
Ayati, A. N., Khomisah, K., Karman, K., & Amiq, A. (2021). Realisasi Hak Anak Dalam Film Capharnaum Karya Nadine Labaki (kajian Strukturalisme Obyektif). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(2), 88–105. https://doi.org/10.15575/azzahra .v1i2.11606.
Demillah, A. (2019). Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i2.3349.
Faidah, C. N. (2018). Dekonstruksi Sastra Anak: Mengubah Paradigma Kekerasan Dan Seksualitas Pada Karya Sastra Anak Indonesia. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2458.
Hasibuan, M. N. S., Rohayani, E., Hanum, F., & Nova, J. H. (2020). Kajian Semiotik Dalam Puisi Ketika Engkau Bersembahyang Karya Emha Ainun Najib. Jurnal Education and Development, 8(2), 26–29. https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1658.
Hidayah, I. R. (2020). Representasi Social Engineering Dalam Tindak Kejahatan Dunia Maya (Analisis Semiotika Pada Film Firewall). Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 30. https://doi.org/10.30742/tb.v4i1.905.
Mahlil, M. (2020). Film Bernuansa Budaya Aceh Sebagai Media Dakwah (Analisis Semiotika Pada Film Dokumenter Dalae Dan Film Dokumenter Beut Ba’da Meugreb). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 6(1), 107. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v6i1.6715.
Majid, A. (2020). Representasi Sosial dalam Film “Surat Kecil Untuk Tuhan” (Kajian Semiotika dan Sosiologi Sastra). Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(02), 101. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i02.6668.
Mudjiono, Y. (2021). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125–138. https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.125-138.
Mufarihah, L. (2019). Representasi Gender dalam Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 16–32. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.1.16-32.
Nafsika, S. S., & Syahrul, A. (2021). Estetika : Persfektif Semiotika Dan Semantik Pada Film Salam Dari Kepiting Selatan. Jurnal Seni Dan Desain Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.17509/irama.v3i2.40981.
Nathaniel, A., & Sannie, A. W. (2020). Analisis Semiotika Makna Kesendirian Pada Lirik Lagu “Ruang Sendiri” Karya Tulus. Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 19(2), 41. https://doi.org/10.19184/semiotika.v19i2.10447.
Oktaviani, U. D., Susanti, Y., Tyas, D. K., Olang, Y., & Agustina, R. (2022). Analisis Makna Tanda Ikon, Indeks, dan Simbol Semiotika Charles Sanders Peirce pada Film 2014 Siapa di Atas Presiden? Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 293. https://doi.org/10.30651/st.v15i2.13017.
Pinontoan, N. A. (2020). Representasi Patriotisme Pada Film Soegija (Analisis Semiotika John Fiske). Avant Garde, 8(2), 191. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1226.
Pribadi, B. S., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Semiotika Pada Puisi “Barangkali Karena Bulan” Karya Ws. Rendra. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 269–276. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/2737/pdf.
Putra, M. Y. S., Putra, K. A. S., & Harsana, I. N. A. (2020). Analisis Semiotika Representasi Budaya Jepang Dalam Film Anime Barakamon. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 6(3), 299. https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i3.25806.
Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film 3 Dara. DEIKSIS, 10(03), 212. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2809.
Santosa, H. (2019). Inovasi Pendayagunaan Arsip Melalui Film Dokumenter sebagai Media Edukasi. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 12(2), 100. https://doi.org/10.22146/khazanah.48898.
Sasmita, A. R. (2021). Kritik Sosial Dalam Cerpen “Pelajaran Mengarang” Karya Seno Gumira Ajidarma Melalui Pendekatan Semiotika Pierce. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 61. https://doi.org/10.20961/basastra.v9i1.47282.
Setiawan, H., Aziz, A., & Kurniadi, D. (2020). Ideologi Patriarki Dalam Film (Semiotika John Fiske Pada Interaksi Ayah Dan Anak Dalam Film Chef). Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 251–262. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3502.
Setyaningsih, F. D. (2019). Makna Simbolis Ekspresi Budaya Dalam Film “Denias, Senandung Di Atas Awan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 254–269. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/158.
Sidik, A. (2018). Analisis Iklan Produk Shampoo Pantene Menggunakan Teori Semiotika Pierce. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(4), 201. https://doi.org/10.31602/tji.v9i4.1533.
Suryanto, S. (2022). Konsep Ideologi Terhadap Film Demi Ucok Karya Simmaria Simanjuntak. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 7(2), 178. https://doi.org/10.22303/proporsi.7.2.2022.178-186.
Sutorini, M. P., Alif, M., & Sarwani, S. (2019). Semiotika Gender dalam Film Brave. ProTVF, 3(1), 101. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21246.
Tazakka, M. S., Dewa, R. P., & Putro, A. A. (2020). Representasi Nilai-Nilai Budaya Jawa Pada Film (Studi Semiotika Representasi Nilai-Nilai Budaya Jawa Pada Film “Mantan Manten” Karya Farishad Latjuba). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 161. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i4.1080.
Tirtamenda, A. R. (2021). Permainan Bahasa dan Analisis Semiotika Pada Dialog Film Pendek ‘Tilik.’ Lugas Jurnal Komunikasi, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.31334/lugas .v5i1.1551.
Wibowo, G. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak (Journal of Communication), 3(1), 47. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i1.1219.
Wijaya, D. E. (2022). Analisis Semiotika Kecanduan Merokok di Film Dokumenter “Darurat! Sekolah Dikepung Iklan Rokok.” Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 13–27. https://journal.rc-communication.com/index.php/JDMR/article/view/13% 0A.
Zuama, A. P. C. (2021). Menciptakan Perlindungan Hukum Yang Efektif Bagi Hak Cipta Karya Sastra Film Nasional : Utopis Atau Logis? Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 8(2), 95. https://doi.org/10.20961/hpe.v8i2.49760.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Puspa Indah Utami, Siti Rukiyah, Sri Wahyu Indrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)