Strategi Digital Marketing Mg Setos Hotel Semarang Dalam Meningkatkan Revenue Di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.50088Keywords:
Digital Marketing, Social Media, RevenueAbstract
Pandemi covid-19 masuk dan merubah semua aspek kehidupan di Indonesia salah satunya adalah sektor pariwisata. Dampak pemberlakuan PSBB dengan menurunnya revenue hotel. Namun MG Setos Hotel Semarang mampu bertahan dengan merubah strategi pemasarannya ke bentuk digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi digital marketing MG Setos Hotel Semarang dalam meningkatkan revenue di masa pandemi. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pencarian data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan survey ke pelanggan. Metode mix method dalam pencarian data diterapkan untuk menguatkan validitas data, selain juga dipergunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan digital marketing MG Setos Hotel Semarang berhasil menaikan revenue hotel. Pemasaran dilakukan melalui media sosial melalui pengoptimalan pengelolaan akun instagram @mgsetoshotel. Kegiatan pemasaran ini di control melalui konten feeds, reels, dan story instagram dan narasi-narasi yang diunggah di instagram @mgsetoshotel. Penerapan promosi berbasis digital marketing menitikberatkan pada ulasan tentang kepuasan pelanggan maupun tamu yang menginap. Strategi promosi melalui akun instagram @mgsetoshotel berdampak hasil yang positif melalui kenaikan angka revenue.
References
Ahmadi, A. (2021). Pelatihan E-Marketing Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Industri Dan Layanan Jasa Seni Galang Style Di Desa Pematang Sari Kecamatan Mesuji Makmur Kab. Ogan Komering Ilir. JePKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–138.
Aminullah JR, R. X., & Kristiyono, J. (2021). Internet Marketing Strategy Demandailing Café in Building a Digital Brand on Instagram. Communicare: Journal of Communication Studies, 8(2), 165–178. https://doi.org/10.37535/101008220216.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In CV Jejak. Jejak Publisher.
Anugrah, P. G., & Priyambodo, B. A. (2021). Peran Work-Life Balance terhadap Kinerja Karyawan yang Menerapkan Work From Home ( WFH ) di Masa Pandemi COVID-19 : Studi Literatur. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang, 19(April), 340–349. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1156.
Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 22–32. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085.
Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar). KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 219–231. https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6907.
Assikin, Z., Rizal, R., Tindiro, D. P., Wiguna, P. E., & Dera, A. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Pada Pelaku Umkm Di Kel. Pondok Benda Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(2), 210–2019. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20186.
Azeem, A., & Haq, Z. (2012). Perception towards internet advertising: A study with reference to three different demographic groups. Global Business and Management Research: An International Journal, 4(1), 28–45.
Bertot, J. C., Jaeger, P. T., & Hansen, D. (2012). The impact of polices on government social media usage: Issues, challenges, and recommendations. Government Information Quarterly, 29(1), 30–40. https://doi.org/10.1016/j.giq.2011.04.004.
Darma, G. S., & Noviana, I. P. T. (2020). Exploring Digital Marketing Strategies during the New Normal Era in Enhancing the Use of Digital Payment. Jurnal Mantik, 4(3), 2257–2262. https://doi.org/10.35335/mantik.
Ekadjaja, M., & Siswanto, H. P. (2021). Strategi Dan Implementasi Digital Marketing Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 278–286. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11347.
Fantini, E., & Tamba, R. S. (2020). Mediamorfosis edukasi informal online melalui platform digital sebagai peluang bisnis baru. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 114–127. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.831.g470.
Filatrovi, E. W., Kurniawati, N. I., & Setiyono, T. A. (2021). Mengelola Kinerja Karyawan Bank Syariah Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Islamic Work Ethics. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 1140–1146. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2744.
Fitriyani, I., Karmeli, E., Rahayu, S., Sudiyarti, N., & Sutanty, M. (2021). Meningkatkan Eksistensi Enterpreneur Melalui Strategi Manajemen Bisnis Di Era Pandemi. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(1), 194–200.
Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi manajemen bisnis pasca pandemi covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95.
Iqbal, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(2), 83–93. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i2.609.
Jubaidi, J., Novianty, D., Sugara, D. W., Herwanda, R. P., & Nasron, K. (2022). Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Pada Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(2), 138–148. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20165.
Kirk, C. P., Chiagouris, L., Lala, V., & Thomas, J. D. (2015). How do digital natives and digital immigrants respond differently to interactivity online?: A model for predicting consumer attitudes and intentions to use digital information products. Journal of Advertising Research, 55(1), 81–94.
Latif, A., Rizki, A. S. A., Fananta, A. M., Kausar, M. K. M., & Nurdin, N. (2022). Pengembangan Keahlian Digital Marketing Sebagai Upaya Dalam Penerapan Personal Branding pada Era Digital. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(2).
Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis.
Negm, E., & Tantawi, P. (2015). Investigating the impact of visual design on consumers’ perceptions towards advertising. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(4), 1–9.
Pramawati, I. T., Putri, K. M. D., & Mulyawan, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung dalam Meningkatkan Profit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 263–275. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.29305.
Putra, S. I., & Kurniasari, N. (2020). Pemanfaatan Digital Public Relations dalam Membangun Customer Engagement melalui Media Sosial Instagram@ triindonesia (Studi Divisi Brand Communications PT Hutchison 3 Indonesia). KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 8(1), 35–51.
Rahmatulloh, F. M., Rohmatiah, A., & Warnaningtyas, H. (2022). Pengaruh Financial literacy, Digital marketing Dan Word of mouth Terhadap Minat Menggunakan Internet banking Pada Nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kc Ponorogo Selama Pandemi Covid-19. JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 128–138.
Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Janitra, P. A. (2020). Strategi aktivisme digital di Indonesia: aksesibilitas, visibilitas, popularitas dan ekosistem aktivisme. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 123.
Santoso, B. A., & Bezaleel, M. (2018). Perancangan Komik 360 sebagai Media Informasi tentang Pelecehan Seksual Cat Calling. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i01.1544.
Sari, K. W. (2021). Strategi Marketing Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung Ditengah Krisis COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Marketing Public Relations Hotel Grand Tjokro). Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 142–152.
Septiowati, R., Sari, S., Purwatiningsih, P., Dyatmiko, R., & Widayat, W. (2021). Meningkatkan Profit Umkm Dengan Menerapkan Penjualan Melalui Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdikaryasakti, 1(2), 129–142. https://doi.org/10.25105/ja.v1i2.9311.
Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.
Tasnim, T., Sudarso, A., Anggusti, M., Munthe, R. N., Tanjung, R., Mistriani, N., & Dewi, I. K. (2021). Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Titioka, B. M., Huliselan, M., Sanduan, A., Ralahallo, F. N., & Siahainenia, A. J. (2020). Pengelolaan Keuangan BUMDES di Kabupaten Kepulauan Aru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jamak, 3(1), 197–216.
Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 12(2), 198–209.
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Marcelino Santosa, Zon Vanel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)