Metode dan Strategi Desain Arsitek Asing pada Akomodasi Wisata di Bali

Authors

  • Siluh Putu Natha Primadewi Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Indonesia
  • Ayu Putu Utari Parthami Lestari Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Indonesia
  • I Gede Gandhi Silantara Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.52092

Keywords:

metode desain, strategi arsitek, hotel

Abstract

Arsitektur hotel merupakan faktor yang sangat kuat dalam membentuk persepsi dan harapan wisatawan terhadap suatu tempat. Secara umum arsitektur hotel di Bali menggunakan kekhasan budaya dan alam sebagai pendekatan desain, seperti konsep Bali Style yang dikembangkan oleh generasi pertama arsitek asing. Kemudian arsitek-arsitek asing generasi saat ini melanjutkan evolusi desain menggunakan kekhasan budaya dan alam Bali dengan konsep berkelanjutan. Penelitian ini berusaha memahami metode desain arsitek asing dalam merancang arsitektur hotel. Arsitektur hotel dikaji sebagai apa yang dihasilkan desainer dan bagaimana metode arsitek asing dalam merancang arsitektur hotel di Bali. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, wawancara semi terstruktur dengan desain survei penelitian yang terbuka terhadap temuan-temuan, dan hipotesis digunakan hanya untuk membantu temuan. Arsitektur hotel akan dikaji berdasarkan apresiasi karya arsitektur melalui kandungan sejarah, mimesis, geometri, materialitas, dan dialog dengan alam. Kreativitas arsitek dalam merancang arsitektur hotel akan dikaji menggunakan penghayatan arsitek melalui imajinasi, metafora, paradoks, transformasi, obsecure, sastra, dan eksotika. Sepuluh-unit analisis merupakan faktor desain yang mencakup berbagai permasalahan terkait desain arsitektural yang dapat membentuk solusi desain. Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dialog dengan alam, mimesis, imaginasi, obsecure, space and user serta natural environment merupakan aspek yang paling dominan digunakan oleh arsitek asing dalam mendesain, sedangkan geometri, transformasi, sastra, rules and regulation serta time and budget kurang mendapat perhatian.

Author Biographies

Siluh Putu Natha Primadewi, Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Indonesia

Prodi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi

Ayu Putu Utari Parthami Lestari, Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Indonesia

Prodi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi

I Gede Gandhi Silantara, Universitas Ngurah Rai, Denpasar, Indonesia

Prodi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi

References

Avesta, R., Putri, A. D., Hanifah, R. A., Nurul Annisa Hidayat, M., & Dunggio, D. (1 C.E.). Strategi Desain Bukaan terhadap Pencahayaan Alami untuk Menunjang Konsep Bangunan Hemat Energi pada Rusunawa Jatinegara Barat. Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, 2. https://doi.org/10.26760/jrh.v1i2.1633.

Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.853.

Hesvindrati, N., Winarno, W. W., & Arief, M. R. (2021). Perancangan Arsitektur Teknologi Informasi pada Perusahaan Agrokompleks Menggunakan Pendekatan TOGAF ADM. Respati, 16(1), 54–64. https://doi.org/10.35842/jtir.v16i1.389.

Idhom, M., Alit, R., & Via, Y. V. (2018). Perancangan Desain Enterprise Arsitektur Dengan Menggunakan Framework Togaf Adm. SCAN-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(2), 37–40. https://doi.org/10.33005/scan.v13i2.1161.

Ortega, A., Frossard, P., Kovačević, J., Moura, J. M., & Vandergheynst, P. (2018). Graph signal processing: Overview, challenges, and applications. Proceedings of the IEEE, 106(5), 808–828. https://doi.org/10.1109/JPROC.2018.2820126.

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2296.

Pratiwi, U., & Nanto, D. (2019). Students’ Strategic Thinking Ability Enhancement in Applying Scratch for Arduino of Block Programming in Computational Physics Lecture. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 193–202. https://doi.org/10.21009/1.05215.

Putra, A. A., & Tisnawati, E. (2020). Strategi Perancangan Pusat Pengolahan Teh Terpadu di Kabupaten Kepahiang Bengkulu dengan Pendekatan Arsitektur Organik. Jurnal Teknologi Dan Desain, 1(2), 26–35. https://doi.org/10.51170/jtd.v1i2.25.

Putra, R. A. (2018). Peran Teknologi Digital dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur. Elkawnie: Journal Of Islamic Science And Technology, 4(1), 67 – 78. https://doi.org/10.22373/ekw.v4i1.2959.

Sudarma, I. K., Tegeh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.

Toyyibah, W., & Setijanti, P. (2022). Konsep Arsitektur sebagai Katalis dalam Mengatasi Degradasi Budaya: Sasana Budaya Ndalung. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(2), G40–G46. https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i2.69022.

Widyasanti, N. P. (2021). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.287.

Wijaya, I. K. M. (2019). Telaah Teori, Metode dan Desain Arsitektur Bioklimatik Karya Ken Yeang. Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 7(1), 36–41. https://doi.org/10.22225/undagi.7.1.1264.36–41.

Downloads

Published

2023-01-08

Issue

Section

Articles