Metode dan Strategi Desain Arsitek Asing pada Akomodasi Wisata di Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.52092Keywords:
metode desain, strategi arsitek, hotelAbstract
Arsitektur hotel merupakan faktor yang sangat kuat dalam membentuk persepsi dan harapan wisatawan terhadap suatu tempat. Secara umum arsitektur hotel di Bali menggunakan kekhasan budaya dan alam sebagai pendekatan desain, seperti konsep Bali Style yang dikembangkan oleh generasi pertama arsitek asing. Kemudian arsitek-arsitek asing generasi saat ini melanjutkan evolusi desain menggunakan kekhasan budaya dan alam Bali dengan konsep berkelanjutan. Penelitian ini berusaha memahami metode desain arsitek asing dalam merancang arsitektur hotel. Arsitektur hotel dikaji sebagai apa yang dihasilkan desainer dan bagaimana metode arsitek asing dalam merancang arsitektur hotel di Bali. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, wawancara semi terstruktur dengan desain survei penelitian yang terbuka terhadap temuan-temuan, dan hipotesis digunakan hanya untuk membantu temuan. Arsitektur hotel akan dikaji berdasarkan apresiasi karya arsitektur melalui kandungan sejarah, mimesis, geometri, materialitas, dan dialog dengan alam. Kreativitas arsitek dalam merancang arsitektur hotel akan dikaji menggunakan penghayatan arsitek melalui imajinasi, metafora, paradoks, transformasi, obsecure, sastra, dan eksotika. Sepuluh-unit analisis merupakan faktor desain yang mencakup berbagai permasalahan terkait desain arsitektural yang dapat membentuk solusi desain. Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dialog dengan alam, mimesis, imaginasi, obsecure, space and user serta natural environment merupakan aspek yang paling dominan digunakan oleh arsitek asing dalam mendesain, sedangkan geometri, transformasi, sastra, rules and regulation serta time and budget kurang mendapat perhatian.
References
Avesta, R., Putri, A. D., Hanifah, R. A., Nurul Annisa Hidayat, M., & Dunggio, D. (1 C.E.). Strategi Desain Bukaan terhadap Pencahayaan Alami untuk Menunjang Konsep Bangunan Hemat Energi pada Rusunawa Jatinegara Barat. Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, 2. https://doi.org/10.26760/jrh.v1i2.1633.
Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.853.
Hesvindrati, N., Winarno, W. W., & Arief, M. R. (2021). Perancangan Arsitektur Teknologi Informasi pada Perusahaan Agrokompleks Menggunakan Pendekatan TOGAF ADM. Respati, 16(1), 54–64. https://doi.org/10.35842/jtir.v16i1.389.
Idhom, M., Alit, R., & Via, Y. V. (2018). Perancangan Desain Enterprise Arsitektur Dengan Menggunakan Framework Togaf Adm. SCAN-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(2), 37–40. https://doi.org/10.33005/scan.v13i2.1161.
Ortega, A., Frossard, P., Kovačević, J., Moura, J. M., & Vandergheynst, P. (2018). Graph signal processing: Overview, challenges, and applications. Proceedings of the IEEE, 106(5), 808–828. https://doi.org/10.1109/JPROC.2018.2820126.
Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2296.
Pratiwi, U., & Nanto, D. (2019). Students’ Strategic Thinking Ability Enhancement in Applying Scratch for Arduino of Block Programming in Computational Physics Lecture. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 193–202. https://doi.org/10.21009/1.05215.
Putra, A. A., & Tisnawati, E. (2020). Strategi Perancangan Pusat Pengolahan Teh Terpadu di Kabupaten Kepahiang Bengkulu dengan Pendekatan Arsitektur Organik. Jurnal Teknologi Dan Desain, 1(2), 26–35. https://doi.org/10.51170/jtd.v1i2.25.
Putra, R. A. (2018). Peran Teknologi Digital dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur. Elkawnie: Journal Of Islamic Science And Technology, 4(1), 67 – 78. https://doi.org/10.22373/ekw.v4i1.2959.
Sudarma, I. K., Tegeh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.
Toyyibah, W., & Setijanti, P. (2022). Konsep Arsitektur sebagai Katalis dalam Mengatasi Degradasi Budaya: Sasana Budaya Ndalung. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(2), G40–G46. https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i2.69022.
Widyasanti, N. P. (2021). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.287.
Wijaya, I. K. M. (2019). Telaah Teori, Metode dan Desain Arsitektur Bioklimatik Karya Ken Yeang. Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 7(1), 36–41. https://doi.org/10.22225/undagi.7.1.1264.36–41.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siluh Putu Natha Primadewi, Ayu Putu Utari Parthami Lestari, I Gede Gandhi Silantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)