Dinamika Ekspansi Gojek di Thailand
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.53248Keywords:
Ekspansi, Gojek, Investasi, Perusahaan Multinasional, ThailandAbstract
Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi dengan menyediakan jasa transportasi berbasis online. Setelah keberhasilan yang telah dicapai oleh Indonesia, Gojek melakukan ekspansinya di kawasan Asia Tenggara khususnya di Thailand. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa mengenai dinamika ekspansi gojek di Thailand dan bagaimana cara perusahaan tersebut mengatasi tantangan yang dihadapi selama ekspansi di Thailand. Dengan menggunakan metode deskriptif, penelitian ini memberikan penjelasan mengenai suatu pemikiran atau peristiwa secara sistematis yang bersumber dari kumpulan data kualitatif dari buku, artikel ilmiah, dan sumber relevan lainnya. Penelitian ini juga termasuk ke dalam penelitian studi kasus karena untuk menyelidiki dan mendapatkan informasi mengenai lembaga atau perusahaan tertentu. Subjek penelitian ini adalah strategi gojek dalam mengatasi tantangan saat ekspansi di Thailand. Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa Gojek melakukan strategi pendekatan melalui adaptasi target pasar di Thailand, membutuhkan banyak individu atau perusahaan berbagi tumpangan dengan menyesuaikan karakteristik dan budaya di Thailand, serta mengembangkan platform multi-sisi selama lima hingga sepuluh tahun mendatang.
References
Amorita, C. T., & Kusuma, R. P. (2021). Peran Startup Gojek dalam Statecraft Indonesia di Singapura. BALCONY: Budi Luhur Journal of Contemporary Diplomacy, 5(2).
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452.
Dewantoro, S., Sharon, G., & Supriatna, S. (2021). Pengaturan Hubungan Kemitraan Antara Aplikator dan Mitra pengemudi Dalam Usaha Transportasi Online di Indonesia. Justitia Jurnal Hukum, 5(1). https://doi.org/10.30651/justitia.v6i1.7648.
Firnanda, M. A., & Asnawat. (2017). Pengaruh electronic word of mouth, brand image, brand trust terhadap keputusan penggunaan jasa ojek online go-jek di samarinda. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1. https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3100.
Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464.
Hartanto. (2018). Strategi Perusahaan Multinasional Di Era Globalisasi (Studi Kasus Glokalisasi Dalam Ekspansi “Indomie” Ke Pasar Timur Tengah Dan Afrika). Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.47313/pjsh.v3i1.400.
Haryadi, T., Senoprabowo, A., & Sulistiyawati, P. (2021). Analisis Perubahan Trend Iklan Gojek Versi Video Animasi Dalam Sudut Pandang Media Dependency. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1).
Hereyah, Y. (2020). Gojek Re-Branding Menyasar Pangsa Pasar Milenial (Studi Kasus Rebranding Gojek). Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2–3), 9–20.
Hidayat, Nandang, & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988.
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314.
Jose, H. S. (2021). Corporate Diplomacy GO-JEK Melalui Pendirian GO-VIET 2018-2020: Tinjauan Nation Branding Indonesia Di Vietnam. Jurnal Renaissance, 6(2). https://doi.org/10.53878/jr.v6i2.152.
Karina, D., Nabilah, H., Sa’diyah, S. A., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(1). https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.69.
Kurniawan, D. (2019). Analisis Strategi Perusahaan Multinasional Pt. Shinhan Indo Finance Dalam Mengembangkan Bisnis Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(6). https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i6.4905.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
Maulidya, A. D., Prasetyo, B., Salsabilla, M., & Prakasya, R. A. (2020). Analisis Ekspansi Gojek di Singapura Tahun 2018 Melalui Foreign Direct Investment (FDI). Jurnal Sekuritas, 3(3). https://doi.org/10.32493/skt.v3i3.4833.
Pertiwi, R. K., & Sutama. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350–365. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p350.
Prasetyo, D. A., Imamah, I. D. N., & Firmansyah, G. A. (2022). Strategi Pemanfaatan Gofood untuk Ekspansi UMKM Selama Pandemi Covid-19 di Banyu Urip Kidul, Surabaya. ETNIK : Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 1(4). https://doi.org/10.54543/etnik.v1i4.43.
Pratama, G., & Wenerda, I. (2020). Representasi Budaya Indonesia dan Vietnam Dalam Iklan Go-Internasional 2018. ETTISAL Journal of Communication, 5(1).
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203.
Rahmadiane, G. D., Kamal, B., Fauzi, A. Z., & Noermansyah, A. L. (2020). Pengembangan Bisnis Startup Untuk Meminimalisir Kegagalan Dalam Berbisnis. Jurnal Vokasi, 4(2). https://doi.org/10.30811/vokasi.v4i2.1893.
Ramadhy, I. F., & Sibaroni, Y. (2022). Analisis Trending Topik Twitter dengan Fitur Ekspansi FastText Menggunakan Metode Logistic Regression. JURIKOM: Jurnal Riset Komputer, 9(1). https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3791.
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.
Ryani, L. H. (2021). Jasa Layanan Transportasi Daring (Gojek Dan Grab) Dalam Perspektif Asean On Framework Agreement On Services (Afas). Dharmasisya : Jurnal Program Magister Hukum FHUI, 1.
Sawangchai, A., Prasarnkarn, H., Kasuma, J., Polyakova, A. G., & Qasim, S. (2020). Effects of Covid-19 on Digital Learning of Entrepreneurs. Polish Journal of Management Studies, 22(2), 502–517. https://doi.org/10.17512/pjms.2020.22.2.33.
Sudiyana. (2016). Pengaruh Globalisasi Terhadap Pembangunan Ekonomi, Dan Implikasi Hukumnya. QISTIE: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1). https://doi.org/10.31942/jqi.v9i1.1744.
Suryadi, Dharmawan, A. H., & Barus, B. (2020). Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit : Persoalan Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Kab. Pelalawan, Riau). Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(2). https://doi.org/10.14710/jil.18.2.367-374.
Tang, M., Rahim, A., & Baso. (2020). Spirit Pengelolaan Ojek Online terhadap Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Tarbiyatuna, 13(2). https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.642.
Tridana, R. (2021). Internet Technology in the Economic Sector: Gojek Expansion in Southeast Asia. 10.2991/Assehr.k.210531.026. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210531.026.
Utami, R., Putri, E. I. K., & Ekayani, M. (2017). Dampak Ekonomi dan Lingkungan Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus: Desa Penyabungan, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 22(2), 115 126. https://doi.org/10.18343 /jipi.2 2 . 2 . 115.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diane Modela Raythmica, Arie Kusuma Paksi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)