Dinamika Ekspansi Gojek di Thailand

Authors

  • Diane Modela Raythmica Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Arie Kusuma Paksi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.53248

Keywords:

Ekspansi, Gojek, Investasi, Perusahaan Multinasional, Thailand

Abstract

Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi dengan menyediakan jasa transportasi berbasis online. Setelah keberhasilan yang telah dicapai oleh Indonesia, Gojek melakukan ekspansinya di kawasan Asia Tenggara khususnya di Thailand. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa mengenai dinamika ekspansi gojek di Thailand dan bagaimana cara perusahaan tersebut mengatasi tantangan yang dihadapi selama ekspansi di Thailand. Dengan menggunakan metode deskriptif, penelitian ini memberikan penjelasan mengenai suatu pemikiran atau peristiwa secara sistematis yang bersumber dari kumpulan data kualitatif dari buku, artikel ilmiah, dan sumber relevan lainnya. Penelitian ini juga termasuk ke dalam penelitian studi kasus karena untuk menyelidiki dan mendapatkan informasi mengenai lembaga atau perusahaan tertentu. Subjek penelitian ini adalah strategi gojek dalam mengatasi tantangan saat ekspansi di Thailand. Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa Gojek melakukan strategi pendekatan melalui adaptasi target pasar di Thailand, membutuhkan banyak individu atau perusahaan berbagi tumpangan dengan menyesuaikan karakteristik dan budaya di Thailand, serta mengembangkan platform multi-sisi selama lima hingga sepuluh tahun mendatang.

References

Amorita, C. T., & Kusuma, R. P. (2021). Peran Startup Gojek dalam Statecraft Indonesia di Singapura. BALCONY: Budi Luhur Journal of Contemporary Diplomacy, 5(2).

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452.

Dewantoro, S., Sharon, G., & Supriatna, S. (2021). Pengaturan Hubungan Kemitraan Antara Aplikator dan Mitra pengemudi Dalam Usaha Transportasi Online di Indonesia. Justitia Jurnal Hukum, 5(1). https://doi.org/10.30651/justitia.v6i1.7648.

Firnanda, M. A., & Asnawat. (2017). Pengaruh electronic word of mouth, brand image, brand trust terhadap keputusan penggunaan jasa ojek online go-jek di samarinda. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1. https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3100.

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464.

Hartanto. (2018). Strategi Perusahaan Multinasional Di Era Globalisasi (Studi Kasus Glokalisasi Dalam Ekspansi “Indomie” Ke Pasar Timur Tengah Dan Afrika). Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.47313/pjsh.v3i1.400.

Haryadi, T., Senoprabowo, A., & Sulistiyawati, P. (2021). Analisis Perubahan Trend Iklan Gojek Versi Video Animasi Dalam Sudut Pandang Media Dependency. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1).

Hereyah, Y. (2020). Gojek Re-Branding Menyasar Pangsa Pasar Milenial (Studi Kasus Rebranding Gojek). Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2–3), 9–20.

Hidayat, Nandang, & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988.

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314.

Jose, H. S. (2021). Corporate Diplomacy GO-JEK Melalui Pendirian GO-VIET 2018-2020: Tinjauan Nation Branding Indonesia Di Vietnam. Jurnal Renaissance, 6(2). https://doi.org/10.53878/jr.v6i2.152.

Karina, D., Nabilah, H., Sa’diyah, S. A., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(1). https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.69.

Kurniawan, D. (2019). Analisis Strategi Perusahaan Multinasional Pt. Shinhan Indo Finance Dalam Mengembangkan Bisnis Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(6). https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i6.4905.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Maulidya, A. D., Prasetyo, B., Salsabilla, M., & Prakasya, R. A. (2020). Analisis Ekspansi Gojek di Singapura Tahun 2018 Melalui Foreign Direct Investment (FDI). Jurnal Sekuritas, 3(3). https://doi.org/10.32493/skt.v3i3.4833.

Pertiwi, R. K., & Sutama. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350–365. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p350.

Prasetyo, D. A., Imamah, I. D. N., & Firmansyah, G. A. (2022). Strategi Pemanfaatan Gofood untuk Ekspansi UMKM Selama Pandemi Covid-19 di Banyu Urip Kidul, Surabaya. ETNIK : Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 1(4). https://doi.org/10.54543/etnik.v1i4.43.

Pratama, G., & Wenerda, I. (2020). Representasi Budaya Indonesia dan Vietnam Dalam Iklan Go-Internasional 2018. ETTISAL Journal of Communication, 5(1).

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203.

Rahmadiane, G. D., Kamal, B., Fauzi, A. Z., & Noermansyah, A. L. (2020). Pengembangan Bisnis Startup Untuk Meminimalisir Kegagalan Dalam Berbisnis. Jurnal Vokasi, 4(2). https://doi.org/10.30811/vokasi.v4i2.1893.

Ramadhy, I. F., & Sibaroni, Y. (2022). Analisis Trending Topik Twitter dengan Fitur Ekspansi FastText Menggunakan Metode Logistic Regression. JURIKOM: Jurnal Riset Komputer, 9(1). https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3791.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.

Ryani, L. H. (2021). Jasa Layanan Transportasi Daring (Gojek Dan Grab) Dalam Perspektif Asean On Framework Agreement On Services (Afas). Dharmasisya : Jurnal Program Magister Hukum FHUI, 1.

Sawangchai, A., Prasarnkarn, H., Kasuma, J., Polyakova, A. G., & Qasim, S. (2020). Effects of Covid-19 on Digital Learning of Entrepreneurs. Polish Journal of Management Studies, 22(2), 502–517. https://doi.org/10.17512/pjms.2020.22.2.33.

Sudiyana. (2016). Pengaruh Globalisasi Terhadap Pembangunan Ekonomi, Dan Implikasi Hukumnya. QISTIE: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1). https://doi.org/10.31942/jqi.v9i1.1744.

Suryadi, Dharmawan, A. H., & Barus, B. (2020). Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit : Persoalan Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Kab. Pelalawan, Riau). Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(2). https://doi.org/10.14710/jil.18.2.367-374.

Tang, M., Rahim, A., & Baso. (2020). Spirit Pengelolaan Ojek Online terhadap Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Tarbiyatuna, 13(2). https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.642.

Tridana, R. (2021). Internet Technology in the Economic Sector: Gojek Expansion in Southeast Asia. 10.2991/Assehr.k.210531.026. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210531.026.

Utami, R., Putri, E. I. K., & Ekayani, M. (2017). Dampak Ekonomi dan Lingkungan Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus: Desa Penyabungan, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 22(2), 115  126. https://doi.org/10.18343 /jipi.2 2 . 2 . 115.

Downloads

Published

2023-01-08

Issue

Section

Articles