Pengaruh Modal Terhadap Minat Wirausaha Pada Pelaku Usaha Pastry dan Bakery di Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.53362Keywords:
Modal, Minat Wirausaha, WirausahawanAbstract
Berwirausaha di bidang pastry dan bakery merupakan produk makanan yang diminati dikalangan masyarakat. Hampir semua golongan usia menyukai produk pastry dan bakery. Adanya perkembangan pola pikir masyarakat, maka sebagian orang sudah mengubah pola makannya. Perkembangan pola pikir masyarakat menyebabkan permintaan masyarakat terhadap produk pastry dan bakery semakin meningkat. Oleh karena itu, memiliki usaha pada bidang pastry dan bakery merupakan bidang usaha yang sangat menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dan besarannya variabel Modal terhadap minat wirausaha pada pelaku usaha pastry dan bakery di Kota Padang, Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode Regresi Linear Sederhana. Jumlah responden penelitian ini ditetapkan sebanyak 43 sampel dengan menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel minat wirausaha pada pelaku usaha pastry dan bakery di kota Padang dengan nilai Sig 0.00<0.05. Besarnya pengaruh variabel modal terhadap variabel minat wirausaha sebesar 30.1% sedangkan 69.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
References
Adhaningrum, S. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 44–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.474.
Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 66–81. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2410.
Amalia, Y., & Lailiy, N. (2015). Persepsi Siswa Terhadap Metode Pengajaran Kewirausahaan Dengan Tingkat Minat Berwirausaha Siswa SMA. Jurnal Ilmu Psikologi Terapan, 3(1), 108–120. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/2131.
Dewi, M. (2020). Pengaruh Kemampuan Manusia Abad 12 Dengan Pembentukan Karakter Wirausaha Mahasiswa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Jurnal Benefita, 5(3), 468–478. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/benefita/article/viewFile/5576/1912.
Efendi, M., Titisari, K. H., & Suhendro, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, dan Tax Avoidance Terhadap Struktur Modal. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 168. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.286.
Elvinawanty, R., Yusnita, L., Rania, V., Silaban, L. B., & Sembiring, W. C. (2020). Makna Kewirausahaan Pada Etnis Melayu, Etnis Jawa, Etnis Tionghoa, dan Etnis India di Kota Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(3), 174–181. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i3.38.
Fajri, I., Riamanda, I., Mirza, M., & Rachmatan, R. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Perilaku Orang Tua Terhadap Motivasi Wirausaha Pada Mahasiswa Akhir Unsyiah. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 3(1), 37–58. https://doi.org/10.18326/ijip.v3i1.37-58.
Firnanti, F. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Liquidity, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.32546/lq.v5i1.61.
Hapsari, T. P. (2018). Peran Lingkungan Kampus Dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaa, 6(2), 197–214. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p197-214.
Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margarethn, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 214 – 220. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i3.2194.
Meifa, Y. T. (2022). Pengaruh Modal Usaha, Lingkungan dan Self Afficacy terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 41–56. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10459.
Mualifah, A. U., & Prasetyoningrum, A. K. (2020). Analisis pengaruh jiwa wirausaha, akses modal, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha (studi kasus pada masyarakat Desa Kletek Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati). Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 3(1). https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v3i1.64.
Mufidah, U., Agung, G. K., & Prihatni, R. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Risiko Bisnis Pada Struktur Modal Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 129. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2018.v12.i02.p05.
Novianti, M. (2021). Analisa Strategi Bisnis PT XYZ dalam Industri Retail Fashion di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 249–254. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11858.
Rosid, A., Hafidiah, A., Yuniarti, Y., & Abdurrohim, D. (2020). Peningkatan Motivasi Kewirausahaan Para Pelaku Usaha di Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Kaibon Abhinaya, 2(2), 77 – 82. https://doi.org/10.30656/ka.v2i2.2061.
Setyaningsih, E. D. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Word Of Mouth Melalui Minat Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan E-Banking Pada Bank Bni. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(1). https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1506.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyowati, E. E., Utomo, S. H., & Sugeng, B. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Di Lingkungan Keluarga, Pembelajaran Kewirausahaan Di Sekolah, Serta Achievement Motive Terhadap Minat Kewirausahaan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11). https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8126.
Tanusi, G., & Laga, Y. (2020). Pengaruh pelatihan, motivasi dan modal usaha terhadap minat berwirausaha di uptd llk ukm kabupaten ende. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 17(1), 157–163. https://doi.org/10.30872/jkin.v17i1.6717.
Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 77 – 93. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i1.5806.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ida Rochanawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)