Kreativitas Mahasiswa Ditinjau dari Hasil Produk Mata Kuliah Seni Dekorasi Makanan pada Program Keahlian Food and Beverage
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.53363Keywords:
Kreativitas, Desain, Hasil Produk DekorasiAbstract
Tujuan dari mata kuliah Seni Dekorasi Makanan adalah menuntut mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas didalam menghasilkan suatu produk dekorasi yang akan dijadikan sebagai garnis pada makanan dan kue. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kreativitas mahasiswa ditinjau dari desain produk dekorasi dan hasil produk mata kuliah Seni Dekorasi Makanan di Program Keahlian Food and Beverage. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah kreativitas mahasiswa pada hasil produk mata kuliah Seni Dekorasi Makanan. Sumber data adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Seni Dekorasi Makanan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data reduksi, data display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengambarkan bahwa rendahnya kreativitas mahasiswa dalam mendesain produk dekorasi mata kuliah Seni Dekorasi Makanan. Hal ini terlihat tidak adanya inovasi desain produk dekorasi pada kesederhanaan, keselarasan, irama, kesatupaduan dan keseimbangan. Kreativitas mahasiswa dalam hasil produk dekorasi pada mata kuliah Seni Dekorasi Makanan yaitu hasil produk dekorasi dilakukan beberapa pelaksanaan, yaitu proses pembuatan produk dekorasi dan penyajian hasil produk. Hal ini terlihat tidak adanya inovasi hasil produk dekorasi pada tema, bentuk, warna, dan hiasan.
References
Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pela jaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96.
Asmini, Sutama, I. Ny., Haryadi, W., & Rachman, R. (2020). Manajemen Business Cycle Sebagai Peluang Usaha Pasca COVID-19 Suatu strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 121–129.
Bayuningrum, W. A., Iswinarti, I., & Yuniardi, M. S. (2021). Peran Kreativitas dalam Memediasi Hubungan Rasa Ingin Tahu dengan Motivasi Akademik Pada Mahasiswa Seni. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 12(1), 81–91. https://doi.org/10.26740/jptt.v12n1.p81-91.
Fiyanto, A. (2018). Pemanfaatan Seni Kolase Sebagai Produk Kreatif Untuk Pengembangan Karya Proyek Studi Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Fbs Unnes. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 10(2), 158–172. https://doi.org/10.33153/bri.v10i2.2329.
Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. JURNAL IMAJINASI, 2(2), 43. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553.
Hartatik, K. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Terhadap Kreativitas Pengolahan Dan Penyajian Makanan Kontinental Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Boga DI SMK N 1 Kalasan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.30738/keluarga.v8i1.11206.
Hasmalena, H., & Rantina, M. (2018). Impelementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. Jurnal Obsesi, 1(2), 81 – 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.18.
Kandoli, L. N., & Tulaka, T. (2022). Analisis Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Tata Hidang II Bidang Studi Tata Boga dan Pariwisata Perhotelan Jurusan PKK Fatek Unima. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 8(1). https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/1111.
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518.
Nababan, R. S. (2016). Esensi dan Nilai Seni Poster Pagelaran Wayang Kulit Karya Gestisutis. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 14(1), 27–37. https://doi.org/10.33153/glr.v14i1.1745.
Patriansah, M., Halim, B., & Putra, M. E. P. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Lomba Gambar Bercerita Di Sd 226 Palembang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 188. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4299.
Purnamasari, Y., & Mayar, F. (2019). Manajemen Pengembangan Kreativitas Kognitif Dan Bahasa Anak Usia Dini Di Paud “Handayani” Skb Kendal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 151, 10–17.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.
Setiawan, L., Sulistya Wardani, N., Intan Permana, T., & Kristen Satya Wacana, U. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1068.
Setyaningrum, F. (2020). Seni Kriya Kain Perca sebagai Media Pengembangan Kreativitas Mahasiswa. Pelataran Seni: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1), 15 – 24. https://doi.org/10.20527/jps.v4i2.5219.
Setyawati, R., & Karim, S. (2020). Persepsi Industri Perhotelan Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Prodi Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 150–158. https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.780.
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis minat dan motivasi belajar, pemahaman konsep dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar selama pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061.
Sriasih, S. A. P., Nitiasih, P. K., Jayaputra, I. N. A., Budasi, I. G., & Utama, I. D. G. B. (2020). Problematika program kreativitas mahasiswa (pkm) dan program mahasiswa wirausaha (pmw) pada fakultas bahasa dan seni undiksha. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 15(10), 22–33. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.24801.
Sundari, R. (2022). Metode Collective Painting untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PIAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4932–4944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1729.
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yulia Mandasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)