Strategi Digital Marketing Tempat Pariwisata dan Budaya Desa Cempaga Melalui Platform Digital

Authors

  • Luh Tu Selpi Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.53530

Keywords:

Digital marketing, Pariwisata, Budaya Cempaga

Abstract

Sektor kepariwisataan telah menjadi motor penggerak dalam pembangunan di daerah Bali. Bahkan, dewasa ini kepariwisataan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat dan pembangunan daerah Bali. Desa wisata merupakan salah satu contoh implementasi dari pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang memang menjadi agenda global. Komponen pembentuk desa wisata terdiri dari manajemen dan keterlibatan masyarakat, edukasi wisatawan, kemitraan, dan peningkatan pendapatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis pariwisata yang ada di desa Cempaga, jenis-jenis pariwisata budaya, dan alat/aplikasi yang digunakan untuk mempromosikan pariwisata desa Cempaga, dan strategi digital marketingnya. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan survey kepada kepala desa dan pengelola pariwisata di Desa Cempaga Objek penelitian ini adalah Desa Cempaga. Hasil Penelitian tempat wisata yang ada di desa Cempaga yakni Artshop dan Sunset Hill Restaurant dan kebudayaan yang dapat dijadikan pariwisata budaya dalah pertunjukan tari-tarian. Strategi digital marketing guna memperomosikan tempat wisata dan kebudayaan di daerah Cempaga dengan menggunakan website desa serta bekerjasama dengan media cetak dan media elektronik yang ada di Kabupaten Buleleng. Simpulan jenis tempat wisata terdiri dari, jenis pariwisata budaya yakni tari-tarian, dan strategi digital marketing melalui website desa dan kerjasama dengan media koran cetak maupun elektronik.

References

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910.

Amrullah, Y. A., & Atmoko, A. D. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 155–168. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p155-168.

Apriliana, E. S. (2022). Upaya Peningkatan Pendapatan Nasional di Tengah Wabah Virus Corona Perspektif Ekonomi Islam. Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.31602/iqt.v6i1.3097.

Budianto, T. H., Putra, G. B., & Arkan, F. (2022). Profile Destinasi Wisata Berbasis Website di Desa Air Anyir, Bangka Untuk Mendukung Pariwisata. Aptekmas, 5(2), 2. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/4587/1981.

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275–282. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941.

Choirunnisa, I., Karmilah, M., Islam, U., & Agung, S. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya Studi Kasus: Kawasan Pecinan Lasem, Kampung Lawas Maspati, Desa Selumbung. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), 89–109. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kr.

Firmansyah, D., & Husna, R. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Usaha Keripik di Kabupaten Bireuen). VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 13(3), 135–141. https://doi.org/10.51179/vrs.v13i3.857.

Hayati, K., & Caniago, I. (2019). Kewirausahaan Teknologi Digital: Potensi Pemberdayaan Pebisnis Milenial. Prosiding Seminar Nasional Fisip Universitas Lampung (Sefila), 3, 135–138. https://publikasi.fisip.unila.ac.id/index.php/sefila/article/view/37.

Hidayah, A., & Warjiyono. (2015). Pembangunana Website Desa Wisata Kalisoka Guna Meningkatkan Daya Saing Pariwisata Kabupaten Tegal. Evolusi, 151(2), 10. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/609/500.

Hidayat, W. F., Rapiyanta, P. T., & Shidiq, F. (2020). Perancangan Website Desa Wisata Wukirsari Bantul Sebagai Media Promosi dan Pemesanan. Jurnal Infortech, 2(1), 2. https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7472.

Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2020). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 164. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559.

Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.

Laba, I. N., Semara, I. M. T., & Tunjungsari, K. R. (2018). Dampak Terpaan Informasi Media Digital terhadap Perkembangan Pariwisata dan Perilaku Masyarakat Bali. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 8(2), 178. https://doi.org/10.24843/jkb.2018.v08.i02.p11.

Ladupu, M., & Falimu. (2022). Strategi Promosi Wisata Goa Lia Balano Berbasis Media Online Pemerintah Desa Lauwon Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 2022. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i1.196.

Liswatin, L. (2022). Inovasi Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Konawe. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(3), 83–96. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i3.15.

Masyruroh, A. M. (2021). Pengaruh Potensi Penerimaan Pajak dan Retribusi Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Serang. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 5(1), 34–46. https://doi.org/10.37950/jkpd.v5i1.116.

Melović, B., Jocović, M., Dabić, M., Vulić, T. B., & Dudic, B. (2020). The impact of digital transformation and digital marketing on the brand promotion, positioning and electronic business in Montenegro. Technology in Society, 63, 101425. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101425.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790.

Mustika, M. (2019). Penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran snack tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165–171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352.

Nafi’Kusumastuti, Y., & Koesdyantho, A. R. (2021). Analisis Kecenderungan Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi.(Studi Kasus. Pada Siswa Kelas Xi IPA. 5 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2020/2021). Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan Dan Konseling Unisri Surakarta, 7(1). https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/5798.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v4i1p44-51.1709.

Ramadhany, F., & Ridlwan, A. A. (2018). Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat. Muslim Heritage, 3(1), 157–176. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1303.

Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2021). Teknologi pemasaran digital untuk branding. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(3), 638–643. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479.

Safitra, N. (2019). Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Melalui Intensifikasi Dan Ekstensifikasi Penerimaan Pajak Dan Retribusi Daerah Di Kabupaten Enrekang. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 5(1), 37–48. https://doi.org/10.31947/jakpp.v1i1.6500.

Sugiyarto, & Amaruli, R. J. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Pendahuluan Hasil dan Pembahasan Gambaran Umum Budaya Lokal Metode. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 45–52. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/viewFile/22609/14874.

Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.07.002.

Wahdaniah, I., & Sari, A. (2021). Pembeli adalah Raja: Strategi Komunikasi Pemasaran Konvensional Warung Spesial Sambal Menghadapi Persaingan Pasar Modern. Journal of Servite, 2(1), 38. https://doi.org/10.37535/102002120204.

Downloads

Published

2023-01-08

Issue

Section

Articles