Strategi Keunggulan Bersaing Kopi Kintamani Pada Agrowisata JM Kopi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.54400Keywords:
Strategi, Keunggulan bersaing, AgrowisataAbstract
Pertanian merupakan sektor penopang terbesar kedua bagi perekonomian setelah sektor Pariwisata. Salah satu produk dari sektor pertanian yang memiliki potensi sebagai produk ekspor non migas adalah kopi. Kopi merupakan sebuah produk unggulan yang menjadi potensi perkebunan dengan jenis Kopi yang dihasilkan adalah Kopi Arabica dan Kopi Robusta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi keunggulan bersaing kopi kintamani pada agrowisata JM Kopi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang, yang terdiri dari pemilik, 2 konsumen dan 2 karyawan JM Kopi. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam. Sedangkan, instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan perekam. Data yang diperoleh selanjutnya direduksi dan ditabulasi. Data yang sudah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan analisis SWOT, matriks IFE, matriks EFE dan matriks TOWS. Hasil penelitian ini menunjukan ada 14 strategi keunggulan bersaing yang harus dibangun oleh Agrowisata JM Kopi. Agrowisata JM Kopi memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam menjalankan perusahaan. Ini menunjukan bahwa semua komponen SWOT relatif seimbang. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi keunggulan bersaing mencakup strategi secara internal dan eksternal yang harus diterapkan agar Agrowisata JM Kopi dapat bertahan dan bersaing. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat mempermudah penyaluran data, pemasaran dan pengawasan mutu kopi.
References
Amanu, F. N., & Susanto, W. H. (2014). MOCAF Production in Madura ( Study of Varieties and Plantation Sites ) Toward Quality and Yield. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 2(3), 161–169.
Antoni Prasetyo, A. W. (2016). Pengaruh Strategi Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada KopiGanes. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/383/392.
Assikin, Z., Rizal, R., Tindiro, D. P., Wiguna, P. E., & Dera, A. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Pada Pelaku Umkm Di Kel. Pondok Benda Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(2), 210–2019. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20186.
Baba, R., Baruwadi, M. H., & Boekoesoe, Y. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Kedai Kopi D’philocoffee di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Agrinesia, 3(2), 117–124. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2818.
Damayanti, R., Hidayanti, E. I., & Arif, S. (2022). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Startegi Deerensiasi Produk, Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada Produk UMKM Jenis Pangan Kota Ternate. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 429 – 439. https://doi.org/10.34308/eqien.v9i2.418.
Hakim, M. A., & Faizah, N. (2017). Analisis Strategi Diferensiasi Citra Perusahaan Dalam Pemasaran Sebagai Upaya Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing ( Studi Pada Pt . Ar Tour & Travel ). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 383–406. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3020.
Ibrahim, O. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di J.CO Donuts & Coffee. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/96836/Oktaviandi Ibrahim-150810201117 b.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Lia, F., & Perdana, T. (2017). Sistem Produksi Agroindustri Kopi Arabika (Studi Kasus PT Sinar Mayang Lestari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung). Agrisep, 16(2), 123 – 132. https://doi.org/10.31186/jagrisep.16.2.123-132.
Nurlinda, N., & Sinuraya, J. (2020). Potensi Pajak Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan …, 20(2), 126–141. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/5200.
Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 20(April), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.
Suratmi, Santri, D. J., & Laihat. (2017). Keunggulan Lokal Sumatera Selatan Sebagai Sumber Belajar Pendidikan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA: STEM Untuk Pembelajaran Sains Abad 21, c, 692–696.
Wulandari, E., & Murniawaty, I. (2019). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk dan Diferensiasi Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran IKM Kopi di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 69–77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.69-77.
Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 12(2), 198–209.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Dewa Ayu Mita Prayatni I Dewa Ayu Mita Prayatni1; Ni Putu Nina Eka Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)