Dampak Service Excellent Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Strawberry
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.55025Keywords:
Service Excellence, Salon Kecantikan, Kepuasan PelangganAbstract
Pelayanan pada dasarnya dapat dikatakan sebagai suatu tindakan dan perlakuan atau cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. Tingkat kepuasan pelanggan atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan konsumen terhadap pelayanan prima yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya atau dirasakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak service excellence terhadap kepuasan pelanggan salon strawberry. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan salon strawberry. Sampel pelanggan yang digunakan sebanyak 96 responden yang menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai f hitung (11,077) lebih dari f tabel (3,10) dan nilai sig 0,00 kurang dari 0,05. Maka, variabel kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, tanggung jawab secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Pelanggan. Simpulan penelitian ini bahwa service excellence berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Salon Strawberry. Implikasi penelitian ini diharapkan penyedia layanan dapat meningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
References
Annas, A. N., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Awi Futsal Laok Jang-jang, Sumenep. Jurnal Riset Manajemen, 08(05), 43–61. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4008/3490.
Asih, N. S., Nuridja, I. M., & Zukhri, A. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellent) terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja. , 7(2). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7797.
Aulia, M., & Hidayat, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Farida, A., & Hardianawati, H. (2019). Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Pahlawan Revolusi Baru. Jurnal Administrasi Bisnis Asmi, 3(2), 11–20. http://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JAB/article/view/336.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240.
Hermawan, H. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.17509/jaset.v3i2.8918.
Hidayat, R., & Basit, A. (2018). Pengaruh Service Excellence terhadap Brand Equity pada Pelanggan Batik Air. Nyimak: Journal Of Communication, 2(1), 17 – 35. https://doi.org/10.31000/nyimak.v2i1.739.
Kadir, A., Basri, M., & Rodi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Nilai, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Tangga Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kendari. Journal Publicuho, 1(1), 28. https://doi.org/10.35817/jpu.v1i1.7297.
Melina, J. (2021). Pengaruh Service Excellence Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Cv Bersinar Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.37403/strategic.v1i1.3.
Mulyati Akib, Ika Maya Sari, A. (2017). Pengaruh tanggung jawab moral dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak badan (studi pada kantor pelayanan pajak pratama kendari). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 73–85. https://doi.org/10.33772/jak-uho.v2i2.2981.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197.
Sapitri, E., Sampurno, S., & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.150.
Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 48–57. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.03.
Sintya, L. I., Karuntu, M. M., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1778–1787. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20462.
Soleh, M. N. B. (2017). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellent) Terhadap Kepuasan Nasabah. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 257–276. https://doi.org/10.35891/ml.v8i2.600.
Supriyanto, M. (2019). Service Excellence, Dampak Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v3i1.462.
Tetralleniajr, T., Anggraeni, N., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT.KAI Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1554–1569. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1337.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ghina Alhanani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)