Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Bermuatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ni Made Miasari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Ardana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.59836

Keywords:

Video, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Kurang tersedianya media pembelajaran mengenai jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa mengenai materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat sehingga kompetensi siswa pada muatan IPS juga rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis model discovery learning bermuatan IPS pada materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Pengembangan penelitian ini melalui lima tahapan yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Karakteristik dari video pembelajaran ini yang dikembangkan mengandung unsur interaktif dan bermuatan masalah autentik yang khusus berhubungan dengan jenis-jenis usaha ekonomi di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video yang dihasilkan merupakan video pembelajaran yang valid berdasarkan penilaian validator yaitu dengan rata-rata skor 4,55 dari skor maksimum 5,0. Keefektifan dari video pembelajaran dilihat dari ketuntasan tes hasil belajar IPS yang dimiliki siswa setelah belajar berbantuan video pembelajaran berbasis model discovery learning bermuatan IPS pada materi jenis-jenis usaha masyarakat. Niilai rata-rata 72,0 dari skor maksimum serta 100 yang tergolong kategori tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Abusmar, A. (2013). Penerapan Metode Tanya Jawab Dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fiqih Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas X Ipa Pada Man Kuala Makmur Kabupaten Simeulue. Jurnal Serambi Ilmu, 14(2), 92–97. https://doi.org/10.32672/si.v17i2.541.

Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. S., & Putra, D. K. N. S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398–408. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428.

Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1), 81–92. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v8i1.1256.

Amini, A., Harahap, H., Harahap, I., Putri, N. A., & Nasution, N. A. (2023). Strategi Pembelajaran Guru untuk Keefektifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4119–4128. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11667.

Astiti, N. K. A., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409–415. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695.

Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29722.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475.

Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/517.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Giménez-Dasí, M., Fernández-Sánchez, M., & Quintanilla, L. (2015). Improving Social Competence Through Emotion Knowledge in 2-Year-Old Children: A Pilot Study. Early Education and Development, 26(8), 1128–1144. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.1016380.

Harefa, S. S. M., Harefa, A. R., & Lase, S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lotu. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 637–652. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1454.

Hati, S. T. (2021). Social Studies Education Responding to the Challenges of the 21st Century: A Critique of Learning Practices in Elementary Education. Jurnal Basicedu, 5(6), 5573–5582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1718.

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 468–474. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6174.

Henry, S. G., Holmboe, E. S., & Frankel, R. M. (2013). Evidence-based competencies for improving communication skills in graduate medical education: A review with suggestions for implementation. Medical Teacher, 35(5), 395–403. https://doi.org/10.3109/0142159X.2013.769677.

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “ Bang Dasi ” Berbasis Aplikasi. 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.

Hong, J. E., & Melville, A. (2018). Training Social Studies Teachers to Develop Inquiry-Based GIS Lessons. Journal of Geography, 117(6), 229–244. https://doi.org/10.1080/00221341.2017.1371205.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad-21. Galia Indonesia.

Indri, I. S. W. (2022). Implementation of Guided Discovery Learning Model with Videos for Learning on Students’ Science Learning Outcomes in Elementary School Students. Child Education Journal, 4(3), 224–236. https://doi.org/10.33086/cej.v4i3.3147.

Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92.

Latif, R., Mumtaz, S., Mumtaz, R., & Hussain, A. (2018). A comparison of debate and role play in enhancing critical thinking and communication skills of medical students during problem based learning. Biochemistry and Molecular Biology Education, 46(4), 336–342. https://doi.org/10.1002/bmb.21124.

Maarof, N. (2018). The effect of role-play and simulation approach on enhancing ESL oral communication skills. International Journal of Research in English Education, 3(3), 63–71. https://doi.org/10.29252/ijree.3.3.63.

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajahmada, University Press.

Nugroho, D. A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri dengan mengadaptasi model CORE untuk meningkatkan efikasi diri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 39–52. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.11599.

Ogrinc, G., Davies, L., Goodman, D., Batalden, P., Davidoff, F., & Stevens, D. (2016). SQUIRE 2.0—Standards for Quality Improvement Reporting Excellence—revised publication guidelines from a detailed consensus process. Journal of the American College of Surgeons, 222(3), 317–323. https://doi.org/10.1016/j.jamcollsurg.2015.07.456.

Pusvitasari, R. (2021). Human Resource Management in Improving The Quality of Education. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 125–135. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2549.

Putriani, D., & Rahayu, C. (2018). The effect of discovery learning model using sunflowers in circles on mathematics learning outcomes. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 22–25. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.26.

Rahmatullah, A. S., Mulyasa, E., Syahrani, S., Pongpalilu, F., & Putri, R. E. (2022). Digital era 4.0: The contribution to education and student psychology. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 89–107. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS3.2064.

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59–77. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112.

Riyana, C. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Safira, I., Wahid, A., Rahmadhanningsih, S., Nurhayati, N., Suryadi, A., & Swandi, A. (2021). The Relationship between Students’ Learning Motivation and Learning Outcomes through Guided Discovery Model Assisted Video and Interactive Simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 145–153. https://doi.org/10.26618/jpf.v9i2.5107.

Saripudin, D., Yulifar, L., & Anggraini, D. N. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Replika Sejarah dan Peta E-Pen Bagi Guru-Guru SMA/MA. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i1.76.

Seknun, M. Y. (2014). Telaah kritis terhadap perencanaan dalam proses pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 80–91. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a6.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sukmanasa, E., Novita, L., & Majid, R. A. (2019). Use of learning video media on human and environmental subthema. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies), 3(2), 72–75. https://doi.org/10.33751/jhss.v3i2.1459.

Sulistiyani, E. T., & Nugroho, W. (2022). The learning management system (lms) acceptance level in learning teacher performance (TAM approach). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(5), 774–782. https://doi.org/10.31933/dijdbm.v3i5.1383.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48.

Suryadi, R. A., & Mushlih, A. (2019). Desain dan Perencanaan Pembelajaran. Deepublish.

Tahir, W. (2017). Pengembangan manajemen sumber daya manusia terhadap peningkatan mutu pendidikan. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.3578.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99.

Widiatmika, D. G., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd Gugus Letda Made Putra Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11786.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868.

Widodo, H. (2016). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 293–308. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963.

Zhang, X., Anderson, R. C., Morris, J., Miller, B., Nguyen-Jahiel, K. T., Lin, T. J., & Hsu, J. Y. L. (2016). Improving Children’s Competence as Decision Makers: Contrasting Effects of Collaborative Interaction and Direct Instruction. American Educational Research Journal, 53(1), 194–223. https://doi.org/10.3102/0002831215618663.

Downloads

Published

2023-10-05

Issue

Section

Articles